Share

4 Cara Mudah Mematikan Laptop dengan Keyboard, Dijamin Berhasil

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Selasa 15 Februari 2022 08:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 14 57 2547135 4-cara-mudah-mematikan-laptop-dengan-keyboard-dijamin-berhasil-WUBc0QaYXP.jpg 4 cara mudah mematikan laptop dengan keyboard (Foto: How-to Geek)

JAKARTA - Cara mematikan laptop dengan keyboard memang jarang dilakukan. Umumnya dalam mematikan perangkat ini menggunakan kursor yang diarahkan ke menu ‘start’ dan pilih ‘shutdown’.

Namun, pada kasus kursor rusak atau eror sehingga tidak dapat mematikan laptop secara otomatis melalui menu ‘Start’, perlu alternatif lainnya.

Tahukah kamu, jika keyboard dapat dimanfaatkan untuk mematikan laptop. Lantas bagaimana cara mudah mematikan laptop dengan keyboard? Dirangkum dari berbagai sumber, simak berikut ini:

1. ALT+F4

Cara pertama mematikan PC atau Laptop dengan keyboard adalah dengan memanfaatkan tombol function. Caranya sangat mudah, cukup dengan memadukan tombol ALT+F4. Untuk lebih pahamnya, ikuti langkah-langkah berikut ini:

- Tekan tombol ALT

- Kemudian menekan tombol F4 dan muncul pilihan untuk shutdown.

- Lalu pilih shutdown dan tekan ENTER maka laptop akan langsung mati.

2. Windows > Shutdown

Cara satu ini paling sering dan paling umum untuk digunakan. Yakni, hanya dengan menekan tombol windows pada keyboard setelah itu memilih shutdown dengan cara menaik turunkan tombol bersimbol panah yang ada di keyboard.

3. WIN+U+U

Berbeda dengan cara sebelumnya, cara ini khusus dilakukan untuk windows versi Windows XP. Caranya pun tergolong unik, yakni dengan menekan tombol windows pada keyboard setelah itu mengetik U dan U maka secara otomatis laptop akan shutdown dan mati dengan sendirinya.

4. CTRL+Alt+Del

Cara ini termasuk cara yang paling simple daripada ketiga cara diatas karena. Hanya dengan menekan tombol CTRL+ALT+DEL secara bersamaan maka akan muncul menu yang berada di pojok kanan bawah kemudian pilih shut down. Maka laptop akan langsung mati.

Selain membantu mematikan laptop, cara satu ini juga membantu bila tiba-tiba ada saat menjalankan aplikasi macet atau hang yang menyebabkan laptop seketika macet.

Itulah 4 cara yang bisa dilakukan saat kursor tidak bisa digunakan untuk mematikan Laptop, mudah bukan? Pastikan ikuti langkah-langkah secara runtut agar Laptop dapat dimatikan secara benar.

Baca Juga: Sinergi KKP dan TNI AL Berantas Penyelundupan BBL Ilegal di Batam

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini