Share

Alquran dan Sains, Menjelaskan Berbagai Khasiat Bawang Merah yang Menakjubkan

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Kamis 17 Februari 2022 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 16 56 2548394 alquran-dan-sains-menjelaskan-berbagai-khasiat-bawang-merah-yang-menakjubkan-9Qj6FzAXfA.jpg Berbagai khasiat bawang merah yang menakjubkan (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Bawang merah merupakan jenis umbi-umbian, kerap digunakan untuk bumbu makanan hingga obat. Baik Alquran atau sains, telah menjelaskannya.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَاِذْ قُلْتُمْ يٰمُوْسٰى لَنْ نَّصْبِرَ عَلٰى طَعَامٍ وَّاحِدٍ فَادْعُ لَنَا رَبَّكَ يُخْرِجْ لَنَا مِمَّا تُنْۢبِتُ الْاَرْضُ مِنْۢ بَقْلِهَا وَقِثَّاۤىِٕهَا وَفُوْمِهَا وَعَدَسِهَا وَبَصَلِهَا ۗ قَالَ اَتَسْتَبْدِلُوْنَ الَّذِيْ هُوَ اَدْنٰى بِالَّذِيْ هُوَ خَيْرٌ ۗ اِهْبِطُوْا مِصْرًا فَاِنَّ لَكُمْ مَّا سَاَلْتُمْ ۗ وَضُرِبَتْ عَلَيْهِمُ الذِّلَّةُ وَالْمَسْكَنَةُ وَبَاۤءُوْ بِغَضَبٍ مِّنَ اللّٰهِ ۗ ذٰلِكَ بِاَنَّهُمْ كَانُوْا يَكْفُرُوْنَ بِاٰيٰتِ اللّٰهِ وَيَقْتُلُوْنَ النَّبِيّٖنَ بِغَيْرِ الْحَقِّ ۗ ذٰلِكَ بِمَا عَصَوْا وَّكَانُوْا يَعْتَدُوْنَ ࣖ

Artinya: “Dan (ingatlah), ketika kamu berkata: Hai Musa, kami tidak bisa sabar (tahan) dengan satu macam makanan saja. Sebab itu mohonkanlah untuk kami kepada Tuhanmu, agar Dia mengeluarkan bagi kami dari apa yang ditumbuhkan bumi, yaitu sayur-mayurnya, ketimunnya, bawang putihnya, kacang adasnya, dan bawang merahnya." (QS. Al-Baqarah: 61).

Salah satu riwayat hadits menyebutkan, Rasulullah Shalallahu alaihi wasallam bersabda: “Barang siapa yang memakannya (bawang merah dan bawang putih), maka hendaknya ia menyempumakan (proses) memasaknya. Aisyah berkata, “Makanan terakhir yang disantap Rasulullah mengandung bawang merah di dalamnya,” (HR. Abu Dawud).

Dirangkum dari buku Pintar Sains dalam Alquran, Dr. Nadiah Thayyarah, hampir mustahil untuk dibantah bahwa bawang merah adalah makanan sekaligus obat. Di beberapa belahan dunia dan fase sejarah, bawang merah dikenal memiliki kelebihan istimewa.

Kedokteran modern pun menegaskan, banyak manfaat dan keistimewaan bawang merah yang kini baru terungkap dan dibahas secara lebih luas.

BACA JUGA:Mengenal Fenomena Rip Current, Diduga Penyebab Tewasnya 11 Orang di Pantai Payangan

Dalam dunia medis modern, bawang merah termasuk kelompok antivirus alami. Seperti halnya bawang putih, bawang merah mengandung zat alisin yang dikenal bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi akibat penyempitan pembuluh nadi. Namun, kandungan alisin bawang merah lebih rendah.

Bawang dapat membunuh bakteri di mulut dan perut, sehingga berdampak pada peluang pertambahan usia dan pencegahan kanker. Penelitian terkini menyimpulkan bahwa orang-orang yang rutin mengonsumsi bawang merah terbukti berisiko lebih kecil terkena kanker.

Sebuah riset mutakhir di Belanda pun menegaskan adanya hubungan yang erat antara konsumsi bawang merah dan minimnya risiko terkena kanker perut.

Para ahli gizi menyatakan bawang merah dapat mengurangi tingkat risiko terkena penyakit kanker karena mengandung kadar karoten dalam jumlah besar, yaitu salah satu jenis zat antioksidan flavonoid yang berguna melindungi sel tubuh dari radikal bebas yang dapat memicu timbulnya penyakit dalam tubuh.

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini