Share

Takjub, Ini Foto-Foto Penampakan Matahari Terlihat dari Dekat

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 17 Februari 2022 13:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 17 56 2548726 takjub-ini-foto-foto-penampakan-matahari-terlihat-dari-dekat-ebaFDdvyin.jpg Foto-Foto matahari berhasil diabadikan (foto: Sciencealert/Andrew McCarthy Twitter@AjamesMcCarthy)

JAKARTA - Matahari merupakan pusat tata surya yang dekat dengan Bumi. Benda panas yang menyinari alam semesta, khususnya penduduk dunia ini tersusun oleh berbagai gas yang bertekanan tinggi. Matahari adalah tata surya raksasa jika dibandingkan dengan planet yang terbesar sekali pun.

Matahari memiliki bentuk yang nyaris bulat dan terdiri dari plasma panas bercampur medan magnet. Suhu permukaan matahari 6.000 derajat celsius, sedangkan suhu inti sebesar 15-20 juta derajat Celsius. Diameter matahari sekitar 1.392.684 kilometer, jika dibandingkan dengan Bumi lebih besar 109 kali.

Massa matahari sekitar 2×1.030 kilogram atau 330.000 kali massa Bumi. Bisa membayangkan bagaimana wajah matahari yang sangat membara itu?

matahari zoom

(Foto: Sciencealert/Andrew McCarthy)

 Nah, penampakan permukaan wajah matahari secara jelas dan detail terekam baik oleh seorang Astrofotografer Andrew McCarthy. Dia menunjukkan sejumlah foto matahari yang berhasil diabadikan melalui akun twitter resmi pribadinya @AjamesMcCarthy.

Padahal jarak rata-rata Matahari ke Bumi sekitar 149.6 juta kilometer (1 AU/astronomical unit). Dengan pesawat berkecepatan 10.000 kilometer per jam, memerlukan waktu 20 bulan lebih untuk menempuh jarak sejauh ini.

matahari zoom2

(Foto: Space.com/Andrew McCarthy)

Seperti dikutip dari laman laman Sciencealert, Gambar matahari ini sangat menakjubkan dan merekam secara detail kedahsyatan yang disimpannya. McCarthy mengambil gambar dari halaman belakang rumahnya di Arizona, Amerika Serikat, pada 29 November 2021.

matahari zoom 3

 (Foto: space.com)

 matahari zoom 4

 (Astrofotografer Andrew McCarthy, berhasi mengabadikan gambar matahari jarak dekat)

 matahari zoom5

(foto: space.com)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini