Share

Langka, Penampakan Bayi Hiu Hantu Berhasil Diabadikan

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Kamis 17 Februari 2022 14:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 17 56 2548769 langka-penampakan-bayi-hiu-hantu-berhasil-diabadikan-6iLm2CHSst.jpg Penampakan bayi hiu hantu berhasil diabadikan (Foto: Dok. Brit Finucci)

JAKARTA - Penampakan bayi hiu hantu yang langka berhasil diabadikan, hal ini dilakukan oleh para peneliti dari Selandia baru. Biasanya, spesies ini hidup di laut dalam.

Dilansir dari BBC Indonesia, Kamis (17/2/2022), hiu hantu yang juga dikenal dengan nama chimaera ini, terbilang jarang terlihat. Apalagi penampakan bayinya.

Bayi hiu hantu yang baru menetas itu, ditemukan pada kedalaman sekitar 1,2 kilometer di dalam laut sekitar Pulau Selatan.

Menurut para peneliti, temuan ini bisa memperdalam pemahaman mereka mengenai tahap berkembang spesies tersebut.

Salah satu anggota tim peneliti, Dr Brit Finucci, mengatakan jika bayi hiu hantu itu ditemukan secara tidak sengaja, ketika mereka memasang pukat penelitian populasi bawah air.

"Spesies air dalam umumnya sulit ditemukan, termasuk hiu hantu yang cenderung samar. Jadi kami jarang menemui spesies-spesies ini," kata Finucci.

Para ilmuwan dari National Institute of Water and Atmospheric Research meyakini, bayi hiu itu baru menetas karena perutnya dipenuhi dengan kuning telur.

Sebelum menetas, embrio hiu hantu berkembang di dalam cangkang telur di dasar laut. Mereka mengkonsumsi kuning telur sampai akhirnya siap menetas.

Dr Finucci berpendapat, karakter hiu hantu muda berbeda dengan versi dewasa, sehingga penemuan bayi ini terasa signifikan.

"Spesies hiu hantu muda dapat hidup di habitat yang sangat berbeda. Mereka memiliki pola makan yang berbeda, bahkan terlihat sangat berbeda dari yang dewasa," ujarnya.

Diketahui, hiu hantu bukan lah hiu yang sebenarnya, namun dia berkerabat dekat dengan hiu dan pari. Kerangka tubuhnya terdiri dari tulang rawan, sehingga membuat mereka menakutkan.

Sebagian besar spesies hiu hantu berhabitat di laut dalam, meskipun beberapa lebih suka hidup di perairan pantai yang dangkal.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini