Share

XL Axiata Sediakan Akses Layanan 5G untuk Gelaran MotoGP Mandalika

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Sabtu 19 Februari 2022 07:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 18 54 2549610 xl-axiata-sediakan-akses-layanan-5g-untuk-gelaran-motogp-mandalika-NZJvCVCQPm.jpeg XL Axiata sediakan akses layanan 5G untuk gelaran MotoGP Mandalika (Foto: XL Axiata)

JAKARTA - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mengumumkan akan menyediakan akses layanan 5G di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat dalam rangka mendukung gelaran MotoGP.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, uji coba 5G XL Axiata sudah dilaksanakan pada 12 Februari kemarin.

"Pada kesempatan ini, kami telah menguji beberapa aspek teknis, dengan bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan beberapa operator satelit untuk melaksanakan pengujian co-existence pada spektrum 3.5GHz di Kawasan sirkuit Mandalika," kata Gede, dikutip dari keterangan persnya, Sabtu (19/2/2022).

Gede menyampaikan, uji co-existence ini dimaksudkan untuk memastikan jaringan 5G yang akan digelar nanti tidak mengganggu sistem operasional satelit yang telah ada di sekitar kawasan.

Guna menyelenggarakan layanan 5G di Mandalika ini, lanjut dia, XL Axiata akan menggunakan spektrum pita frekuensi 3.5GHz dan 26GHz untuk menghadirkan real 5G experience bagi pelanggan, khususnya bagi pengunjung yang berada di Sirkuit Mandalika.

"Untuk dapat menikmati layanan 5G XL Axiata ini, maka pengunjung harus memastikan bahwa smartphone yang dipakai mendukung jaringan seluler generasi kelima di pita frekuensi 3.5 GHz dan 26 GHz serta simcard yang dimiliki sudah uSIM," ujar Gede.

Rencananya, sambungnya, akan ada beberapa titik strategis layanan 5G XL Axiata yang bisa diakses secara gratis oleh pelanggan di seputar sirkuit.

Titik-titik akses ini berada di seputar sirkuit yang akan menjangkau area VVIP village, tribun penonton serta lokasi strategis lainnya yang menjadi lokasi berkumpulnya penonton balapan, jurnalis dan broadcaster, tim pendukung, serta satuan kerja event MotoGP.

"Akses ke layanan 5G ini sepenuhnya gratis atau sama sekali tidak dikenakan biaya," jelas dia.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini