Share

Uji Coba Chip Otak Neuralink Elon Musk Tewaskan 15 Monyet, Organisasi Dokter Protes

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Jum'at 18 Februari 2022 17:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 18 56 2549566 uji-coba-chip-otak-neuralink-elon-musk-tewaskan-15-monyet-organisasi-dokter-protes-ppxH7GqusM.jpg Uji coba chip otak Neuralink Elon Musk tewaskan 15 monyet, organisasi dokter protes (Foto: Dok. Neuralink)

JAKARTA - Perusahaan yang didirikan Elon Musk, Neuralink, punya fokus untuk mengembangkan chip yang bisa ditanamkan ke otak, namun organisasi dokter melancarkan protes karena disebut telah menewaskan 15 monyet selama uji coba.

Dilansir dari Independet, Jumat (18/2/2022), sejumlah dokter yang tergabung dalam Physicians Committee for Responsible Medicine (PCRM) melancarkan protes mengenai perawatan hewan yang tidak memadai untuk monyet yang jadi bahan percobaan Neuralink.

PCRM mengklaim, setidaknya 15 monyet yang ditanam dengan chip otak mati selama uji coba, meskipun Neuralink mengatakan hanya delapan yang tewas.

Dalam sebuah posting blog, Neuralink mengatakan semua inovasi perangkat dan perawatan medis harus diuji pada hewan sebelum dapat diujicobakan secara etis pada manusia.

"Di Neuralink, kami benar-benar berkomitmen untuk bekerja dengan hewan dengan cara yang paling manusiawi dan etis," tulis Neuralink.

Perusahaan turut membagikan gambar fasilitas tempat hewan laboratoriumnya disimpan, mengklaim fasilitas tersebut melebihi standar yang telah diatur.

Rincian dan gambar yang ditunjukkan, memperlihatkan selama uji coba diawasi oleh tim besar yang terdiri dari dokter hewan, teknisi veteriner, behavioris, teknisi pengayaan, dan spesialis perawatan hewan.

Sementara itu, kelompok hak asasi hewan menuduh Neuralink melakukan sembilan pelanggaran Undang-Undang Kesejahteraan Hewan, dan mengatakan "sangat skeptis" perusahaan siap untuk melakukan uji coba pada sukarelawan manusia, yang rencananya akan dimulai tahun ini.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini