Share

Semburan Vulkanik Letusan Gunung Tonga Cetak Rekor, Ketinggiannya Hingga 58 Km

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Minggu 20 Februari 2022 10:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 20 56 2550091 semburan-vulkanik-letusan-gunung-tonga-cetak-rekor-ketinggiannya-hingga-58-km-6GskRC3IOu.jpg Semburan vulkanik letusan gunung Tonga cetak rekor, ketinggiannya 58 km (Foto: NASA)

JAKARTA - Semburan material vulkanik dari letusan gunung Hunga Tonga-Hunga Ha'apai cetak rekor baru yang pernah direkam oleh satelit. Ketinggian yang dicapai hingga 58 km.

Disadur dari Gizmodo, Minggu (20/2/2022), semburan material vulkanik yang dihasilkan terjadi pada 15 Januari silam, menurut NASA 1,5 kali lebih tinggi dari rekor sebelumnya yang diracapi Gunung Pinatubi pada 1991.

NASA mengatakan, ketinggan semburan vulkanin letusan gunung Tonga bahkan masuk mesosfer, lapisan atmosfer terakhir sebelum mencapai ruang angkasa yang diapit di antara stratosfer dan termosfer.

"Intensitas peristiwa ini, jauh melebihi awan badai yang pernah saya pelajari," kata seorang ilmuwan atmosfer di Observatorium Bumi, NASA, Kristopher Bedka.

"Kami beruntung itu terekam dengan sangat baik oleh satelit geostasioner generasi terbaru kami dan kami dapat menggunakan data ini dengan cara inovatif untuk mendokumentasikan evolusinya," ujar Bedka.

Pengamatan ini, dilakukan dengan dua satelit cuaca, yakni GOES-17 dari NOAA dan Himawari-8 dari JAXA. Keduanya, dilengkapi dengan kemampuan pencitraan yang serupa dan diposisikan di orbit geostasioner di atas Bumi.

Kedua satelit, memantau letusan dari sudut yang sedikit berbeda, memungkinkan pandangan stereoskopik dalam format tiga dimensi dari gumpalan vulkanik yang naik ke atas.

Butuh waktu 30 menit untuk semburan utama mencapai ketinggian maksimum. Dua minggu setelah letusan, material dari semburan utama telah mengelilingi dunia, sebagaimana dibuktikan oleh pengamatan satelit lainnya.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini