Share

3 Cara Mengatasi Touchpad Laptop yang Tidak Berfungsi

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Rabu 23 Februari 2022 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 22 57 2551385 3-cara-mengatasi-touchpad-laptop-yang-tidak-berfungsi-Pfx5hkGpWh.jpg 3 cara mengatasi touchpad laptop yang tidak berfungsi (Foto: WeTheGeek)

JAKARTA - Cara mengatasi touchpad laptop tidak berfungsi ternyata tidak begitu sulit, namun banyak yang beranggapan masalah ini lebih susah lantaran eror jarang terjadi.

Kebanyakan kasus, touchpad yang tidak berfungsi dibiarkan begitu saja dan menggantinya dengan mouse. Namun, tahukah kamu jika masalah touchpad bisa diatasi dengan mudah.

Lantas, bagaimana cara mudah mengatasi touchpad yang tidak berfungsi? Dirangkum dari berbagai sumber, lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.

Terdapat 3 cara mudah atasi touchpad yang tidak berfungsi, yakni membersihkan permukaan touchpad, scan laptop dengan antivirus dan pilihan terakhir menggantinya dengan yang baru.

1. Bersihkan Permukaan Touchpad yang Kotor

Terlihat sepele, tapi sebenarnya hal ini cukup berpengaruh terhadap keberlangsungan touchpad di laptop. Kebanyakan pengguna acuh terhadap kebersihan touchpad, Padahal, touchpad mengandalkan sensor motorik yang terdapat di permukaannya.

Jika permukaan touchpad jarang dibersihkan, maka kemungkinan besar dapat menjadi penyebab utama touchpad tidak dapat berfungsi dengan baik. Bersihkan touchpad laptop secara rutin minimal setiap habis pemakaian.

2. Scan Laptop dengan Anti Virus

Virus komputer memang yang paling berbahaya karena selain berisiko menginfeksi atau merusak file sistem (yang dapat menyebabkan kegagalan sistem misalnya sistem tidak dapat booting).

Follow Berita Okezone di Google News

Selain itu, virus pada komputer juga dapat menyebabkan kegagalan sistem operasi untuk mengendalikan perangkat keras, salah satunya adalah touchpad.

Sehingga dalam menangani kerusakan sistem operasi yang disebabkan oleh virus komputer adalah dengan melakukan scanning menggunakan antivirus, pilihlah antivirus yang “top rated” misalnya AVG, Bitdefender, Avira dan lain sebagainya

3. Ganti Touchpad Laptop

Cara ini menjadi cara terakhir yang bisa dijadikan pilihan. Perlu diketahui, sebenarnya cara ini memiliki risiko yang cukup tinggi bila pengguna belum terbiasa dan berpengalaman mengotak-atik laptop.

Hal pertama yang harus pahami adalah komponen touchpad berada di dalam bodi laptop. Maka untuk mengganti komponen tersebut harus membongkar body laptop secara keseluruhan.

Dalam menggantinya, dibutuhkan ketelitian serta kesabaran dalam melakukan hal ini, berikut adalah peralatan serta langkah-langkah yang harus lakukan:

- Siapkan komponen hardware yang diperlukan

- Pastikan bahwa laptop dalam keadaan mati

- Silahkan lepas baterai laptop

- Lepaskan bingkai laptop bagian atas dengan melepas sekrup yang ada pada bagian belakang, atau melepaskan klip pengaitnya.

- Silahkan lepaskan sekrup keyboard yang ada bagian atas kanan dan kiri

- Angkat secara perlahan atau hati-hati (Jangan terlalu kuat mengangkat keyboard agar tidak menyebabkan kabel fleksibel keyboard dan trackpad putus)

- Lepaskan kabel keyboard dari sirkuit board laptop

- Setelah selesai membongkar dan mengganti komponen touchpad maka pasang kembali seperti semula dan mulai coba hidupkan kembali.

Demikianlah 3 cara mudah atasi touchpad yang tidak berjalan dengan baik. Pastikan bila memilih mengganti touchpad, serahkan kepada ahlinya agar tidak merusak bagian lain dari laptop.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini