Share

2 Cara Mudah Memindahkan File dari Laptop ke HP

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Rabu 23 Februari 2022 07:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 22 57 2551433 2-cara-mudah-memindahkan-file-dari-laptop-ke-hp-C4k5qYAdB0.jpg 2 cara mudah memindahkan file dari laptop ke HP (Foto: PCMag)

JAKARTA - Cara memindahkan file dari laptop ke HP (Handphone) memang beragam. Kebanyakan kasus pemindahan file dari laptop ke HP dan sebaliknya karena penyimpanan yang tidak mencukupi atau sebagai backup.

Bagi kamu yang baru melakukan backup file, tak usah bingung karena pemindahan file dari laptop ke HP sangat mudah. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

Lantas, cara apa saja yang bisa dilakukan untuk memindah file? Dirangkum dari berbagai sumber, simak penjelasan berikut ini.

Umumnya, ada 2 cara mudah yang bisa membantu kamu memindah file dari laptop ke HP, antara lain: Menggunakan Bluetooth, dan kabel data.

Gunakan Bluetooth

Bluetooth menjadi perangkat elektronik yang umumnya membantu memindahkan file dari HP ke HP maupun dari HP ke laptop dan sebaliknya. Untuk laptop model terbaru, biasanya sudah dilengkapi fitur bluetooth sehingga memudahkan dalam memindahkan file.

Cara memindahkan file dari laptop ke HP sangat mudah, ikuti langkah-langkah berikut ini:

- Pastikan kedua perangkat terdapat fitur bluetooth,

- Nyalakan fitur bluetooth dari dua perangkat tersebut,

- Hubungkan bluetooth kedua perangkat,

- Jika sudah terhubung dan paired, selanjutnya pilih file dengan membuka Windows Explorer dan masuk ke Folder dimana file disimpan

- Pilih file satu-satu atau semua dengan ctrl+A, atau dipilih dengan ctrl + dan klik pada file yang hendak dikirim.

- Klik kanan dan pilih Send To > Bluetooth

- Kamu akan mendapatkan opsi device yang sudah di pair, pilih nama hpmu dan OK

- Proses transfer akan segera berjalan ditandai dengan bar biru yang bergerak.

Mudah bukan memindahkan file dengan bluetooth? Kamu bisa menggunakan cara itu untuk memindahkan semua jenis file yang ada di laptop.

Gunakan Kabel Data

Selain melalui Bluetooth, mentransfer file dari laptop ke HP bisa dilakukan dengan kabel data atau USB. Dimana kabel data ini sudah ada di dalam paket pembelian hp. Caranya cukup mudah, sebagai berikut:

- Tancapkan kabel USB dari ponsel ke laptop dan pilih ponsel dengan mode koneksi ‘file transfer’

- Kemudian buka Windows Explorer, lalu cari nama perangkat hp kamu. Jika sudah ketemu langsung klik untuk melihat semua file yang ada di dalam memori hp

- Pastikan kamu sudah tahu file apa yang akan dipindahkan dari laptop ke memori HP.

- Setelah itu cara mengirim foto dari laptop ke HP bisa langsung dilakukan dengan cara Copy dan Paste

Cara memindahkan file menggunakan kabel data memiliki kelebihan dalam hal kecepatan transfer. Apalagi saat ini banyak HP yang sudah menggunakan port USB Type C yang menawarkan proses transfer file yang lebih cepat dari micro USB.

Demikian cara mudah memindahkan file dari Laptop ke HP. Kamu bisa memilih salah satu cara yang menurutmu sangat mudah serta pastikan dengan fitur yang ada di Laptop jika ingin menggunakan fitur Bluetooth.

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini