Share

Jaringan Internet di Ukraina Terganggu Usai Invasi Rusia

Antara, Jurnalis · Minggu 27 Februari 2022 08:46 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 27 54 2553731 jaringan-internet-di-ukraina-terganggu-usai-invasi-rusia-MAoZPp1vYa.jpg Jaringan internet di Ukraina terganggu usai invasi Rusia (Foto: The Conversation)

JARINGAN internet menjadi salah satu dampak dari invasi Rusia ke Ukraina. Jaringan internet di Ukraina terganggu di wilayah selatan dan timur, dua wilayah yang mendapat serangan terberat.

Koneksi dari GigaTrans, penyedia jasa internet terbesar di Ukraina, turun sekitar 20 persen dari biasanya, menurut pantauan NetBlocks. Intenret GigaTrans kembali membaik pada Jumat (25/2) pagi waktu setempat, dikutip dari Reuters, Minggu.

Jaringan Internet

Direktur NetBlocks, Alp Toker mengatakan koneksi internet di Ukraina saat ini berada di angka 87 persen dibandingkan biasanya.

"Angka ini menunjukkan layanan terganggu , juga orang-orang pergi, rumah dan bisnis tutup sejak pagi tanggal 24," kata Toker.

"Meski pun tidak ada pemadaman skala nasional, hanya sedikit kabar dari wilayah yang terdampak paling buruk dan di wilayah lainnya, ada ketakutan konektivitas bisa memburuk kapan pun, terputus dari teman dan keluarga," kata Toker.

BACA JUGA : Dampak Mengerikan dari Perang Rusia-Ukraina, Ekonomi Berantakan hingga Harga Barang Naik

Tentara Rusia menyerang bagian tenggara Ukraina, di kota Melitopol pada Sabtu (26/2). Monash IP Observtory dari Australia mengatakan saat ini distrik Obolonskyi di Kiev dan bagian tengah Kharkiv di wilayah Ukraina timur, tidak ada gangguan internet.

BACA JUGA : Dibombardir Rusia, Ukraina Tutup Wilayah Udara untuk Penerbangan Sipil

Anomali internet di Ukraina, menurut Monash IP Observatory, terjadi karena orang-orang tidak menggunakan komputer karena menyelamatkan diri.

Computer Emergency Response Team (CERT) Ukraina melalui unggahan di Facebook menyatakan peretas dari Belarusia menyerang akun email milik tentara Ukraina. Serangan ini juga ditujukan kepada orang Polandia, Rusia dan Belarusia, termasuk diantaranya media dari Belarusia.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini