Share

Studi Baru, Ilmuwan China Ungkap Materi pada Inti Bumi

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Senin 28 Februari 2022 16:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 28 56 2554251 studi-baru-ilmuwan-china-ungkap-materi-pada-inti-bumi-tdGIlArbJt.jpg Studi baru, ilmuwan China ungkap materi pada inti Bumi (Foto: SciTechDaily)

JAKARTA - Sejumlah ilmuwan dari Chinese Academy of Sciences mengungkap materi di dalam inti Bumi lewat studi terbarunya, disebut mungkin lebih aneh dari yang diduga sebelumnya.

Dilansir dari New Atlas, Senin (28/2/2022), dibandingkan materi padat biasa, simulasi baru menunjukkan bahwa materi inti Bumi adalah sesuatu yang terbilang superionik.

Mengingat, manusia tidak dapat menelusuri dan mengunjungi inti Bumi secara langung, para ilmuwan mempelajarinya melalui gelombang seismik dari gempa bumi.

Ketika getaran terjadi, materi pada inti bumi bergerak dengan kecepatan yang berbeda, mengandung bahan yang berbeda, dan menganalisis perubahan ini dapat mengungkapkan komposisi berbagai lapisannya.

Pada Studi baru, para ilmuwan mensimulasikan kondisi suhu dan tekanan di pusat Bumi untuk menyelidiki jenis materi lain apa yang mungkin ada di sana.

Mereka menemukan, ada beberapa paduan di antara elemen besi yang dapat membentuk materi superionik di dalam inti Bumi. Hal ini, mengarahkan gagasan materi inti Bumi juga mengandung materi yang lebih ringan.

Melalui sebuah simulasi yang dilakukan para ilmuwan, mreka menemukan unsur-unsur yang lebih ringan ini dapat mencakup hidrogen, oksigen, dan karbon.

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini