Share

Internet Ukraina Lumpuh akibat Invasi Rusia, Elon Musk Bantu Pulihkan

Tangguh Yudha, Jurnalis · Selasa 01 Maret 2022 18:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 01 54 2554818 internet-ukraina-lumpuh-akibat-invasi-rusia-elon-musk-bantu-pulihkan-IkOP2QtSrb.jpg Internet Ukraina lumpuh akibat invasi Rusia, Elon Musk bantu pulihkan (Foto: Newsnpr)

JAKARTA - Sejak digempur Rusia, jaringan internet di Ukraina dilaporkan telah lumpuh, Wakil Perdana Menteri Mykhailo Fedorov pun minta bantuan Elon Musk untuk memulihkannya.

Disadur dari Bloomberg, Selasa (1/3/2022), menanggapi permintaan Fedorov, Musk akhirnya mengaktifkan layanan internet di sana lewat satelit Starlink.

Pengaktifkan layanan internet satelit Starlink di Ukraina diumumkan Musk lewat cuitan balasan di Twitter, dia mengatakan bahwa saat ini layanan sudah aktif dan akan ada lebih banyak terminal yang dihadirkan.

"Layanan Starlink sekarang aktif di Ukraina. Lebih banyak terminal dalam perjalanan," kata Musk dalam cuitannya.

Sebelumnya, Fedorov meminta Musk untuk membantu negaranya yang sedang digempur oleh Rusia. Permintaan datang di tengah kabar lumpuhnya layanan internet Ukraina akibat serangan Rusia.

"@elonmusk, saat Anda mencoba menjajah Mars, Rusia mencoba menduduki Ukraina! Saat roket Anda berhasil mendarat di luar angkasa, roket Rusia menyerang warga sipil Ukraina! Kami meminta Anda untuk menyediakan stasiun Starlink ke Ukraina," tulis Fedorov.

Sayangnya, tidak dijelaskan secara rinci wilayah Ukraina mana saja yang sudah bisa memanfaatkan internet satelit Starlink ini. Belum diketahui juga bagaimana perangkat bisa sampai di sana, mengingat kondisi Ukraina sedang berperang.

Diketahui, sumbangan Musk dalam bentuk layanan internet satelit Starlink sendiri bukan pertama kali. Dirinya juga pernah mengerahkan 50 terminal satelit untuk memulihkan internet di Tonga.

Saat itu, jaringan telekomunikasi di Tonga terganggu akibat tsunami. Tidak lama setelahnya, satelit-satelit lantas diluncurkan dari California yang diangkut menggunakan roket SpaceX Falcon 9.

Follow Berita Okezone di Google News

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini