Share

TikTok Resmi Luncurkan Fitur Durasi Video 10 Menit

Antara, Jurnalis · Selasa 01 Maret 2022 10:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 01 57 2554505 tiktok-resmi-luncurkan-fitur-durasi-video-10-menit-naEI635j8p.jpg TikTok resmi luncurkan fitur durasi video 10 menit (Foto: Clipchamp)

JAKARTA - TikTok resmi meluncurkan fitur baru durasi video yang lebih panjang, yakni hingga 10 menit. Kini, anak perusahaan ByteDance itu tengah berekspansi ke lebih banyak pengguna.

Dikutip dari The Verge, Selasa (1/3/2022), sekarang pengguna sudah bisa memanfaatkan fitur durasi video 10 menit ini, namun nampaknya baru muncul di kawasan AS dan Eropa.

Kendati demikian, TikTok disebut akan segara menghadirkan opsi video 10 menit ke semua penggunanya di seluruh dunia.

"Hari ini kami semangat mengeluarkan fitur baru mengunggah video sampai 10 menit dan kami berharap dapat menjangkau potensi kreativitas dari para kreator kami di seluruh dunia," kata juru bicara TikTok.

Diketahui, baru beberapa pengguna yang menerima notifikasi untuk fitur unggah video dengan durasi 10 menit tersebut, termasuk Konsultan dan Analis Media Sosial Matt Navarra yang menunjukkan pembaruan aplikasi TikTok-nya lewat cuitan di Twitternya @mattnavara.

Analis itu berpendapat, ini menjadi cara TikTok untuk memiliki hubungan yang lebih baik dengan penggunanya dan memudahkan monetisasi.

Tentunya ini juga akan menjadi persaingan yang makin sengit antara TikTok dan YouTube mengingat kini keduanya berlomba- lomba menjadi platform penyedia video bagi audiens global.

Matt Navara ikut berpendapat bahwa TikTok kini harus bekerja ekstra keras untuk memastikan posisi dan juga keberlangsungannya sebagai platform video di tengah- tengah migrasi para pesaingnya seperti Reels dari Meta, Shorts dari YouTube, dan Spotlight dari Snapchat menghadirkan fitur video pendek.

"Merka harus bisa menghadirkan rumah bagi konten- konten berdurasi panjang mengingat 'feed' vertikal kurang cocok dengan bentuk konten panjang dan lebih cocok dengan konten berdurasi pendek yang biasanya menjadi keahlian mereka," ujar Matt.

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini