Share

Pengertian ROM dan Jenis-Jenisnya yang Perlu Diketahui

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Kamis 03 Maret 2022 13:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 02 57 2555579 pengertian-rom-dan-jenis-jenisnya-yang-perlu-diketahui-pDWlYB9ot8.jpg Pengertian ROM dan jenis-jenisnya yang perlu diketahui (Foto: Cyberhoot)

JAKARTA - Pengertian ROM harus Anda ketahui agar dapat membedakan antara RAM dan ROM. Banyak yang mengira jika keduanya memiliki fungsi yang sama.

Dirangkum dari berbagai sumber, tetapi sebenarnya kedunya berbeda. Tentu, dalam sebuah komputer atau laptop, ada yang namanya perangkat penyimpanan.

Perangkat tersebut, diberi nama ROM dan RAM. Kedua perangkat keras ini sering kita dengar namanya, terutama RAM atau Random Access Memory. Ia adalah perangkat yang digunakan untuk menyimpan data secara sementara.

Lalu bagaimana dengan ROM? Berikut penjelasan mengenai Pengertian ROM dan jenis-jenisnya.

Pengertian ROM

ROM atau Read-Only Memory adalah sebuah perangkat keras pada komponen komputer maupun laptop yang berfungsi sebagai penyimpan informasi. Sifat penyimanan menggunakan ROM adalah permanen, berbeda dengan RAM yang bersifat sementara.

Data yang ada di dalam ROM tidak bisa diubah namun hanya bisa dibaca saja. Hal ini terjadi karena data yang ada pada ROM berisi informasi tentang kode-kode program yang membuah komponen di dalam komputer berkomunikasi dan berjalan dengan baik.

Pada awalnya, ROM dibuat dengan beberapa sirkuit yang dilengkapo dengan switch transistor dan data fisik dalam satu rangkaian.

Hal ini, membuat ROM tidak dapat diubah lagi. Mulai pada tahun 1990an, ROM kembali dikembangkan sehingga kualitasnya menjadi lebih baik lagi dan sifatnya tidak murni Read-Only. Karena saat ini terdapat beberapa jenis ROM yang dapat diubah isi datanya.

Namun, ada beberapa versi ROM yang dapat diubah isi datanya, beberapa tipe ROM tersebut antara lain PROM (Programmable Read-Only Memory) , EPROM (Electrically Programmable Read-Only Memory), dan EAROM (Electrically Alterable Read-Only Memory).

Jenis-Jenis ROM

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ada beberapa jenis atau tipe ROM yang sering digunakan. Berikut contoh dari beberapa jenis ROM:

- PROM (Programmable Read-Only Memory)

- EPROM (Electrically Programmable Read-Only Memory)

- EAROM (Electrically Alterable Read-Only Memory)

- EEPROM/Falsh ROM (Electrically Erasable Programmable Read Only Memory)

- Mask ROM

Demikian penjelasan Okezone mengenai pengertian ROM dan juga jenis-jenisnya.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini