Share

Memahami Fungsi ROM pada Komputer dan Cara Kerjanya

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Kamis 03 Maret 2022 15:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 02 57 2555587 memahami-fungsi-rom-pada-komputer-dan-cara-kerjanya-5hiirMds27.jpeg Memahami fungsi ROM pada komputer dan cara kerjanya (Foto: Storables)

JAKARTA - Fungsi ROM (Read-Only Memory) pada komputer biasanya hanya dipahami sebagai tempat penyimpanan saja. Namun, sebenarnya fungsinya tidak cuma itu.

Dirangkum dari berbagai sumber, terdapat beberapa fungsi ROM yang harus Anda ketahui. ROM sendiri, merupakan salah satu perangkat keras yang terletak di dalam komponen penyusun komputer.

Perangkat ini, digunakan untuk media penyimpanan data yang ada di dalam komputer dengan sifat yang permanen. ROM memiliki bentuk fisik yang hampir serupa dengan RAM, sehingga banyak orang yang sering keliru mengenai dua hal ini.

Lalu, bagaimana dengan fungsi ROM dan cara kerjanya? Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Penyimpan Kode Booting

Fungsi ROM adalah untuk menyimpan kode-kode booting. Salah satunya adalah BIOS. BIOS merupakan sebuah sistem pengaturan yang ada pada setiap komputer dan laptop yang berisi kode-kode yang digunakan untuk memulai menjalankan laptop atau komputer.

Di dalam BIOS anda dapat menemukan berbagai macam informasi yang berkaitan dengan hardware yang terpasang pada komputer. Data penting yang berhubungan dengan booting pada BIOS akan disimpan di dalam ROM. ROM yang digunakan biasanya berjenis EEPROM.

2. Pendistribusi Software

Fungsi lain dari ROM adalah sebagai alat untuk mendistribusikan software komersial pada laptop ataupun komputer. Penggunaan ROM disini adlaah untuk memproteksi data.

Karena tidak jarang jika kita menginstall suatu software, kita memutuskan untuk uninstall lalu melakukan install lagi pada software yang sama.

Fungsi ROM di sini adalah untuk memproteksi data-data yang digunakan dalam proses instalasi sehingga data akan jauh lebih awet.

3. Media Penyimpanan yang Aman

Yang terakhir adalah sebagai media penyimpanan yang tentunya sangat aman. Mungkin ada beberapa dari anda yang pernah mengalami kerusakan data pada komputer atau laptop yanag disebabkan oleh virus, file eror, dan lain-lain. Anda bisa menggunakan ROM untuk memback up data penting anda.

Kemudian, Anda juga dapat memanfaatkan CD-R. Ini merupakan media penyimpanan dalam ROM yang aman dari virus. ROM yang digunakan biasanya berjenis PROM atau Programmable Read-Only Memory.

Demikian penjelasan Okezone mengenai 3 fungsi utama dari ROM beserta cara kerjanya.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini