Share

EA Sports Hapus Timnas Rusia Beserta Klub dari Game FIFA 22

Tangguh Yudha, Jurnalis · Kamis 03 Maret 2022 16:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 03 326 2555837 ea-sports-hapus-timnas-rusia-beserta-klub-dari-game-fifa-22-WS6kK1RMIn.jpg Ilustrasi game FIFA 22. (Foto: YouTube)

ELECTRONIC Arts atau EA Sports akan menghapus Tim Nasional Rusia dan semua klub sepakbolanya dari game FIFA 22. Ini sebagai sanksi karena negara yang dipimpin Presiden Vladimir Putin itu telah melakukan invasi militer ke negara tetangganya Ukraina.

Dalam cuitan di media sosial Twitter, EA Sports menyebut keputusannya ini sebagai bentuk solidaritas perusahaan kepada Ukraina yang tengah digempur habis-habisan Rusia. Banyak pencinta sepakbola pun menyerukan perdamaian.

Baca juga: Industri Game Ramai-Ramai Galang Donasi untuk Ukraina 

Baca juga: Berkat Game Wordle, Seorang Nenek Selamat dari Penculikan 

"EA Sports berdiri dalam solidaritas dengan rakyat Ukraina dan seperti banyak suara di dunia sepakbola, menyerukan perdamaian dan diakhirinya invasi ke Ukraina," cuit EA, seperti dikutip dari BBC, Kamis (3/2/2022).

"EA Sports telah memulai proses untuk menghapus Tim Nasional Rusia dan semua klub Rusia dari game EA Sports FIFA, termasuk FIFA 22, Fifa Mobile, dan FIFA Online. Kami juga secara aktif mengevaluasi perubahan terkait ke area lain dari game kami," tambahnya.

Ukraina sendiri memang telah meminta industri video game ikut membantu memukul mundur Rusia dari Tanah Air-nya. Permohonan ini dilayangkan oleh Wakil Perdana Menteri Ukraina Mykhailo Fedorov lewat berbahai media sosial.

Tidak lama berselang setelah Mykhailo memohon bantuan, sejumlah pengembang game mulai tergerak. Mereka memberikan donasi yang disalurkan ke organisasi kemanusiaan maupun langsung ke angkatan perang.

Baca juga: Intip Tas Presiden Rusia Putin Berisi Tombol Nuklir Mampu Hancurkan Satu Negara 

Baca juga: Patuhi Uni Eropa, Twitter Ikut Larang Media Rusia 

Salah satunya adalah CD Projekt Red yang merupakan pengembang game Cyberpunk 2077. Pihak perusahaan ini berjanji mengirim bantuan sekira USD243.000 atau sekira Rp3,4 miliar.

Pengembang game di Ukraina sendiri tidak ketinggalan turut memberikan bantuan untuk negaranya yakni 4A Games. Mereka akan mengirim sumbangan langsung ke rekening angkatan bersenjata Ukraina.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini