Share

NASA Kembangkan Teknologi Furutistik Agar Manusia Bisa Bernapas di Mars

Andaru Danurdana, Jurnalis · Jum'at 04 Maret 2022 15:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 04 56 2556383 nasa-kembangkan-teknologi-furutistik-agar-manusia-bisa-bernapas-di-mars-yDo6i7gX9j.jpg NASA kembangkan teknologi futuristik agar manusia bisa bernapas di Mars (Foto: NASA)

JAKARTA -ย Eksplorasi luar angkasa adalah sebuah impian besar umat manusia yang kini tampak semakin mudah dicapai. Demi memperlancar hal tersebut, NASA pun mengembangkan teknologi futuristik terbaru.

Dilansir dari BGR, teknologi futuristik terbaru yang dimaksud adalah sebuah alat yang dapat membantu manusia agar bisa bernapas di planet lain, khususnya Mars.

Pengembangan alat ini, merupakan bagian dari program Innovative Advanced Concepts milik NASA.

Proyek ini, baru saja mendapatkan lampu hijau untuk pengembangan generator oksigen portabel yang bisa membuat udara di Mars lebih bersahabat dengan paru-paru manusia.

Nantinya, perangkat tersebut akan menggunakan proses Thermal Swing Sorption/Desorption (TSSD) untuk mengubah atmosfer Mars menjadi oksigen.

Lewat desain dengan pendekatan portabel dan stasioner, perangkat ini pun diharapkan bisa menjadi pondasi utama eksplorasi alam semesta ke depannya.

Diketahui, oksigen adalah salah satu rintangan yang mengadang umat manusia untuk bepergian ke planet lain. Kalau NASA bisa mengatasi masalah yang satu itu, menjejakkan kaki di luar Bumi tentu bisa menjadi lebih mudah.

โ€œMisi NASA untuk mengarungi alam semesta membutuhkan teknologi baru dan cara baru dalam melakukan sesuatu. Mempelajari ide kreatif yang ada adalah sebuah langkah awal mengubah fiksi ilmiah menjadi fakta ilmiah,โ€ kata Jim Reuter dari NASA.

Selain generator oksigen untuk Mars, belakangan ini NASA juga sedang dalam proses memberi persetujuan kepada proyek-proyek eksplorasi lainnya; seperti robot pengintai yang akan ditembakkan ke planet Venus, dan juga robot pemanjat yang diharapkan bisa menelusuri gua dan tebing di Mars.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini