Share

5 Jenis SSD yang Umum Digunakan dan Wajib Diketahui

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Jum'at 11 Maret 2022 08:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 10 57 2559691 5-jenis-ssd-yang-umum-digunakan-dan-wajib-diketahui-WLCwseayu9.jpg 5 jenis SSD yang umum digunakan dan wajib diketahui (Foto: DroidCops)

JAKARTA - Jenis-jenis SSD (Solid State Drive) memang beragam, ia adalah salah satu perangkat keras tanpa piringan magnetis, fungsinya sebagai media penyimpanan.

Saat ini, SSD acap kali digunakan sebagai komponen pengganti Hard Disk Drive (HDD). Pasalnya, HDD memiliki kecepatan booting yang kalah cepat dengan SSD.

Umumnya, SSD memiliki berbagai jenis. Lantas, apa saja jenis SSD? Dirangkum dari berbagai sumber, guna mengetahui jawabannya, simak ulasan berikut ini.

1. SSD SATA (Serial ATA)

Bagi pengguna perangkat elektronik satu ini, maka takasing lagi dengan SATA. SATA merupakan interface atau jalur akses data yang sebelumnya sudah digunakan pada teknologi HDD. Sebagian besar Laptop menggunakan jalur SATA ini untuk menghubungkan motherboard ke media penyimpanan seperti HDD.

Mengingat hal tersebut, maka SSD juga diberikan interface yang sama dengan menggunakan interface SATA yang dilengkapi dengan konektor SATA 3. Dengan begitu, Laptop keluaran lama yang menggunakan HDD SATA juga dapat menggunakan SSD dengan mengganti HDD SATA sebelumnya dengan SSD SATA.

Dari segi kecepatan, meskipun sama-sama menggunakan interface SATA, namun kecepatan SSD SATA bisa mencapai 300 hingga 500 persen dari HDD SATA. Kecepatan membaca data SSD SATA sekitar 500 MB/s (Mega Byte per sekon), sementar kecepatan menulis data sekitar 160 MB/s.

2. SSD mSATA

SSD mSATA memiliki bentuk faktor yang lebih kecil dari SSD standar dan dirancang untuk digunakan dengan perangkat portabel yang memiliki daya terbatas seperti laptop, tablet, dan netbook.

SSD mSATA juga telah digunakan dalam berbagai produk komersial seperti penanda digital, perangkat point-of-sale, kios ritel dan printer multifungsi. Ukuran SSD mSATA ini kira-kira sebesar kartu nama.

Kelebihan SSD mSATA selain bentuknya yang kecil adalah konsumsi daya yang rendah, tahan guncangan atau getaran, serta memiliki kemampuan boot atau shutdown perangkat yang cepat. Contoh produk ini adalah SSD 850 EVO mSATA 1 Terabyte (TB).

Baca Juga: Sinergi KKP dan TNI AL Berantas Penyelundupan BBL Ilegal di Batam

3. SSD M.2 SATA

SSD M.2 SATA merupakan penyimpanan yang dirancang untuk menghadirkan media penyimpanan berkinerja tinggi dalam perangkat yang tipis dan memiliki daya terbatas, seperti laptop ultrabook dan tablet.

SSD jenis ini umumnya memiliki ukuran yang lebih kecil dari SSD mSATA. Bentuk dan ukuran yang berbeda inilah yang disebut form factor. Sederhannya, SSD mSATA adalah SSD dengan form factor mSATA sementara M.2 adalah SSD dengan form factor M.2.

Ada dua jenis SSD M.2 SATA ini, yang pertama adalah M.2 dua sisi atau double-sided yang memiliki ukuran 22 mm x 60 mm dan yang kedua adalah M.2 satu sisi atau single-sided yang berukuran 22 mm x 80 mm. Perbedaan kedua M.2 ada pada kapasitasnya (M.2 dua sisi memiliki kapasitas yang lebih besar)

4. SSD M.2 NVMe

NVMe atau Non-Volatile Memory Express adalah sebuah standar atau protokol komunikasi yang dikembangkan khusus untuk SSD oleh vendor-vendor seperti Intel, Samsung, Sandisk, Dell, dan Seagate.

NVMe memungkinkan memori flash untuk beroperasi sebagai SSD secara langsung melalui antarmuka PCIe daripada melalui SATA dan dibatasi oleh kecepatan SATA yang lebih lambat.

5. SSD PCIe

SSD PCIe adalah SSD yang menggunakan interface PCIe. PCIe termasuk salah satu dari empat faktor bentuk SSD.

Secara umum, SSD berbasis PCIe memiliki kinerja yang lebih baik daripada Serial ATA (SATA) berbasis server. Spesifikasi format untuk perangkat berbasis PCIe dikembangkan dan dikelola oleh PCI Special Interest Group (PCI-SIG).

Demikian penjelasan 5 Jenis SSD yang umum digunakan dan wajib diketahui. Semoga bermanfaat!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini