Share

Nama Joe Biden Diadopsi untuk Penamaan Nenek Moyang Gurita dengan 10 Tentakel

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 11 Maret 2022 09:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 11 56 2559874 nama-joe-biden-diadopsi-untuk-penamaan-nenek-moyang-gurita-dengan-10-tentakel-gQriqzlMQ5.jpg Nama Joe Biden diadopsi untuk penamaan nenek moyak gurita dengan 10 tentakel (Foto: NHM)

JAKARTA - Seekor sefalopoda pernah hidup di lautan pada ratusan juta tahun yang lalu, kini dinamai sesuai dengan nama presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden.

Fosil gurita yang ditemukan di Montana, AS, menunjukkan bahwa nenek moyang semua cumi-cumi dan gurita ini memiliki 10 tentakel, dan garis keturunanya menghilang.

Setelah stasiun kereta api, rasa es krim, dan planet, nama Joe Biden sekarang diadopsi untuk fosil gurita.

Berasal dari lebih dari 328 juta tahun lalu, Syllipsimopodi bideni mengingatkan kembali tentang temuan fosil vampyropoda, kelompok sefalopoda yang berisi gurita dan cumi-cumi vampir, selama lebih dari 82 juta tahun.

Ini menunjukkan bahwa sefalopoda generasi pertama semuanya memiliki 10 tentakel, dua di antaranya telah hilang dalam periode intervensi selama evolusi gurita modern.

Dr Christopher Whalen, penulis utama deskripsi spesies fosil, mengatakan, ini adalah vampyropoda pertama dan satu-satunya yang diketahui memiliki 10 tentakel.

"Jumlah lengan adalah salah satu karakteristik yang membedakan Decabrachia, yang mencakup cumi-cumi dan sotong berlengan 10, dari Vampyropoda, yang terdiri dari gurita berlengan delapan dan cumi-cumi vampir," kata Whalen, dikutip NHM pada Jumat (11/3/2022).

Namun, semua fosil vampyropoda yang dilaporkan sebelumnya hanya memiliki delapan lengan, jadi fosil ini bisa dibilang konfirmasi pertama dari gagasan bahwa semua nenek moyang sefalopoda smemiliki sepuluh lengan.

Zoë Hughes, Kurator Museum fosil invertebrata dan yang tidak terlibat dengan deskripsi, mengatakan, vampyropoda sebagai kelompok umumnya memiliki delapan lengan, jadi spesies dengan 10 cukup menarik.

"Kelengkapan spesimen ini memberi kita beberapa ide evolusi karena kita tidak tahu banyak tentang banyak kelompok ini. Ini akan membantu mengisi beberapa kesenjangan pengetahuan yang sebelumnya harus kita simpulkan," ujarnya.

Baca Juga: Sinergi KKP dan TNI AL Berantas Penyelundupan BBL Ilegal di Batam

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini