Share

Cara Melihat RAM HP Samsung Melalui CPU-Z hingga AIDA64

Komaruddin Bagja, Jurnalis · Minggu 13 Maret 2022 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 11 57 2560333 cara-melihat-ram-hp-samsung-melalui-cpu-z-hingga-aida64-Fuigiblzed.jpg Cara melihat RAM HP Samsung melalui CPU-Z hingga AIDA64 (Foto: Samsung)

JAKARTA - Cara melihat RAM HP Samsung ternyata tidak sulit untuk dilakukan, tetapi sepertinya masih banyak pengguna yang belum mengetahuinya.

Sebenarnya, melakukan pengecekan rutin RAM di HP cukup penting, guna mengetahui seberapa besar sisa memori yang masih dapat digunakan.

RAM pada sebuah ponsel pintar sangat penting keberadaannya. Komponen ini memiliki fungsi untuk menyimpan data sementara pada HP saat Anda membuka aplikasi.

Di HP Samsung, RAM-nya bertipe volatile. Maksudnya, memori ini akan menampung data yang sedang dijalankan oleh prosesor supaya aplikasi tetap lancar.

Apabila memori kekurangan kapasitas, maka aplikasi pun akan berjalan tersendat-sendat. Bahkan, tiba-tiba aplikasi keluar. Oleh karena itu, penting untuk mengecek RAM.

Dirangkum dari berbagai sumber, simak 3 cara melihat RAM HP Samsung berikut ini:

1. CPU-Z

Anda dapat mengunduh aplikasi CPU-Z dari Google Play Store. Setelah terpasang, buka aplikasi itu dan ketuk tab Device. Carilah keterangan total RAM dan available RAM.

2. Pengaturan Ponsel

Bagi Anda pengguna HP Android khususnya merek Samsung, Anda dapat membuka Pengaturan atau Settings. Silakan masuk menuju menu Device Maintenance atau Device Care. Ketuklah opsi memory. Setelah itu, informasi tentang kapasitas RAM dapat muncul pada halaman selanjutnya.

Tidak hanya informasi mengenai kapasitas RAM saja yang diketahui dari Pengaturan, tetapi pada halaman memory Anda akan mengetahui juga data tambahan seperti pemakaian RAM, sisa ruang memori dan juga aplikasi yang sedang berjalan.

Selain itu, ada juga tombol clean now yang berfungsi untuk mengosongkan ruang memori dengan memberhentikan sejumlah aplikasi atau layanan di belakang layar.

3. aplikasi AIDA64

Selain dari cara melihat pengaturan HP dan juga CPU-Z, Anda dapat mengunduh AIDA64 di Google Play Store. Setelah terpasang, Anda dapat menjalankan aplikasi. Masuklah ke bagian system. Carilah bagian installed RAM, Available Memory, dan juga Total Memory.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini