Share

Pahami Pengertian Motherboard yang Mengandung Komponen Penting pada Komputer

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Senin 14 Maret 2022 15:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 14 57 2561348 pahami-pengertian-motherboard-yang-mengandung-komponen-penting-pada-komputer-plTmRv6TNg.jpg Pahami pengertian motherboard yang mengandung komponen penting pada komputer (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Pengertian motherboard memang kerap dipertanyakan, sebab ia menjadi salah satu perangkat keras yang mengandung komponen utama dalam komputer.

Misalnya, di dalam motherboard terdapat komponen-komponen penting yang berfungsi menjalankan perintah pada komputer.

Umumnya, motherboard juga disebut sebagai mb, mainboard, mboard, mobo, mobd, backplane board, baseboard, main circuit board, planar board, system board, atau logic board di komputer Apple.

Lantas, apa pengertian dan fungsi dari motherboard? Untuk mengetahui jawabannya, sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber, simak ulasan berikut ini.

Pengertian Motherboard

Motherboard adalah papan sirkuit utama di dalam komputer yang menghubungkan berbagai bagian komputer bersama-sama. Ini memiliki soket untuk CPU, RAM dan kartu ekspansi dan juga menghubungkan ke hard drive, drive disk dan port panel depan dengan kabel dan kabel.

Motherboard menghubungkan semua bagian individu dari komputer bersama-sama dan juga, memungkinkan CPU untuk mengakses dan mengontrol bagian-bagian yang terpisah ini.

Selain menjembatani komponen internal, port motherboard juga memungkinkan untuk menghubungkan perangkat eksternal ke komputer.

Perangkat eksternal tersebut akan mencakup monitor, speaker, headphone, mikrofon, keyboard, mouse, modem, dan perangkat USB lainnya.

Fungsi Motherboard

Adapun fungsi dari motherboard pada komputer antara lain:

- Motherboard bertindak sebagai tulang punggung pusat komputer di mana bagian modular lainnya dipasang seperti CPU, RAM, dan hard disk.

- Motherboard juga bertindak sebagai platform di mana berbagai slot ekspansi tersedia untuk menginstal perangkat atau antarmuka lain.

- Motherboard juga bertanggung jawab untuk mendistribusikan daya ke berbagai komponen komputer.

- Motherboard juga digunakan dalam koordinasi berbagai perangkat di komputer dan memelihara antarmuka di antara keduanya.

- Beberapa Ukuran motherboard yang tersedia adalah: BTX, ATX, mini-ATX, micro-ATX, LPX, NLX dan lain-lain.

Demikian pengertian motherboard pada komputer sekaligus fungsinya. Semoga bermanfaat!

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini