Share

Memahami Fungsi RAM pada Laptop dan Persoalan yang Kerap Ditemukan

Komaruddin Bagja, Jurnalis · Rabu 16 Maret 2022 07:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 15 57 2562207 memahami-fungsi-ram-pada-laptop-dan-persoalan-yang-kerap-ditemukan-7spzAsmu09.jpg Memahami fungsi RAM pada laptop dan persoalan yang kerap ditemukan (Foto: Laptoping)

JAKARTA - Fungsi RAM pada laptop cukup penting untuk diketahui, sebab ia adalah salah satu komponen penting. RAM sendiri, merupakan singkatan dari Random Access Memory.

Dirangkum dari berbagai sumber, fungsi RAM pada laptop adalah sebagai media penyimpanan sementara. RAM akan menyimpan data terkait sistem operasi, aplikasi atauprogram yang tengah beroperasi.

Keberadaan RAM pada laptop ataupun PC, hanya berfungsi membantu prosesor dalam mengolah data. Data-data sistem yang dibutuhkan oleh RAM akan di recall dan diproses oleh prosesor.

Besaran kapasitas RAM cukup berpengaruh terhadap performa laptop. Jika makin besar kapasitas RAM, akan semakin besar pula data atau sistem yang dijalankan. Sebaliknya, apabila kapasitas RAM kecil, sistem dan data pun tidak dapat diproses secara banyak dan cepat.

Pada beberapa bidang pekerjaan atau hobi membutuhkan gawai yang di dalamnya tertanam RAM dengan kapasitas besar. Misalnya saja seorang desainer grafis, gamer dan orang yang berkutat dibidang data membutuhkan RAM dengan kapasitas yang besar.

Untuk menjawab kebutuhan tadi, para produsen laptop membuat komputer jinjing dengan kapasitas RAM yang cukup besar, yakni mulai dari 4GB, 8Gb, hingga 32 GB.

Meski kapasitas RAM cukup penting, tetapi jangan lupakan juga dari segi teknologinya. Di pasaran, Anda bakal menemukan laptop dengan RAM berjenis DDR3, DDR4, hingga yang terbaru DDR5.

Pasalnya, semakin baru teknologi dan jenis RAM, maka semakin kencang pula performa laptop. Hal tersebut, dikarenakan RAM yang lebih canggih mampu mengantarkan data lebih banyak dan lebih cepat ke prosesor sehingga berujung ke semakin baiknya performa laptop.

Anda juga harus hati-hati apabila memasang RAM yang lebih besar. Karena, pada Mainboard atau Motherboard sebuah komputer hanya membatasi berapa besar kapasitas dan jumlah RAM yang bisa dipasang.

Selain itu, prosesor dan sistem operasi juga kadang membatasi jumlah RAM yang bisa ditanganinya. Kompatibilitas RAM juga sangat berpengaruh, karena berbeda jenis RAM maka berbeda pula bentuk fisiknya.

Dari penjelasan di atas, maka fungsi RAM pada Laptop antara lain sebagai media menyimpan memory sementar. Kedua, meningkatkan performa multitasking. Ketiga, mempercepat pemrosesan informasi. Terakhir, fungsi RAM pada laptop untuk memuluskan performa grafis dan pengolahan data.

Demikian fungsi RAM pada laptop. Semoga Anda menjadi paham saat hendak memilih laptop dengan kapasitas RAM yang sesuai.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini