Share

8 Fungsi Processor pada Komputer dan Cara Kerjanya

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Kamis 17 Maret 2022 07:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 16 57 2562837 8-fungsi-processor-pada-komputer-dan-cara-kerjanya-0p9lTywUoP.jpg 8 fungsi processor pada komputer dan cara kerjanya (Foto: ScoopTen)

JAKARTA - Fungsi processor cukup beragam, biasanya ia disebut juga CPU (Central Processing Unit), yakni chip yang berupa IC “Integrated Circuit”. Processor juga merupakan otak komputer yang mengontrol keseluruhan sistem.

Khususnya, dalam menjalankan instruksi, pengolah, dan digunakan sebagai pusat maupun otak dari kegiatan komputer saat melakukan perhitungan serta menjalankan tugas input dan output.

Processor sendiri, memiliki banyak fungsi lainnya. Lalu, apa saja fungsi dari processor? Dirangkum dari berbagai sumber, simak ulasan berikut ini.

1. Mengolah perhitungan algoritma dalam menjalankan perintah yang diberikan

Sebuah komputer akan berjalan dengan mengandalkan sebuah perhitungan algoritma. Perhitungan algoritma tersebut diolah sedemikian rupa, sampai mampu membaca apa yang diinginkan dan juga diperintahkan oleh user. Sehingga fungsi utama dari komputer tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar.

2. Untuk mendukung kebutuhan spesifik dari sebuah komputer

Setiap komputer sengaja diciptakan dan dibuat untuk membantu mempermudah pekerjaan manusia. Ada pula yang dibuat untuk beberapa tujuan spesifik.

3. Memastikan agar komputer dapat bekerja dengan baik

Processor juga memiliki fungsi lainnya, yaitu untuk menjaga agar komputer bisa bekerja dengan baik. Hal ini berhubungan erat dengan fungsi dari processor sebagai media interaksi antar komponen pemrosesan informasi, komponen input dan juga komponen output yang ada di dalam sebuah sistem komputer.

Dengan terintegrasinya semua komponen, maka sebuah komputer dapat bekerja dengan baik, dan terhindar dari berbagai macam malfungsi, seperti error, corrupt, dan banyak hal lainnya.

4. Menjaga stabilitas dari setiap komponen komputer

Processor juga memiliki fungsi yang penting untuk menjaga kualitas dan juga stabilitas dari setiap komponen komputer yang sedang bekerja. Hal ini berhubungan dengan kemampuan dari sebuah processor dalam menjaga arus listrik, sehingga dapat membantu mencegah terjadinya over voltage pada setiap komponen-komponen di dalam sebuah sistem komputer.

Baca Juga: Rayakan Satu Tahun, BuddyKu Fest Hadirkan Sesi Media Challenges

Follow Berita Okezone di Google News

5. Menjalankan pemrosesan informasi pada komputer

Fungsi utama dari sebuah processor adalah menjalankan pemrosesan informasi pada sebuah komputer. Mengingat, komputer merupakan serangkaian alat elektronik yang disusun berdasarkan arsitektur dan juga berdasarkan penyusunan tertentu.

Salah satu komponen terpenting yang ada di dalam sebuah komputer adalah komponen informasi. Komponen informasi ini dapat diproses oleh sebuah komputer, dengan menggunakan fungsi dari sebuah processor.

Processor akan memproses segala bentuk informasi yang dimiliki oleh komputer, dan juga memproses informasi yang dimasukkan ke dalam komputer. Semua pekerjaan pemrosesan informasi tersebut akan ditangani oleh processor.

6. Mengintegrasikan keseluruhan komponen internal komputer agar dapat saling bekerja sama

Sebuah processor mampu mengintegrasikan keseluruhan komponen internal yang ada di dalam komputer. Komponen tersebut, berupa komponen chipset, harddisk, RAM, VGA, dan sebagainya, sehingga keseluruhan komponen tersebut bisa bekerja sesuai dengan tugasnya masing-masing, dan saling terintegrasi satu sama lain. Semua komponen tersebut akan terhubung dengan komponen processor, sehingga dapat terintegrasi.

7. Mencegah terjadinya overlapping tugas pada tiap-tiap komponen komputer

Sebagai otak komputer, processor juga memiliki fungsi dan tugas untuk mencegah agar tidak terjadi overlapping pada setiap komponen komputer. Jadi, ketika pengguna akan mengakses sebuah data atau informasi, maka processor akan memastikan bahwa komponen yang akan bekerja adalah komponen hard disk, dan bukannya komponen lain yang tidak berhubungan dengan proses pengambilan data.

8. Menjaga performa dari sebuah komputer

Semakin baik kualitas dan juga spesifikasi dari sebuah processor, semakin tinggi pula kualitas dan juga performa dari komputer tersebut. Processor seringkali dianggap menjadi salah satu indikator dari bagaimana sebuah komputer dapat bekerja. Semakin banyak inti pada sebuah processor, dan juga semakin tinggi kecepatan processor tersebut, maka sebuah komputer akan dianggap menjadi lebih cepat.

Hal ini memang benar adanya, tapi bukan merupakan hal yang mutlak. Seberapa cepat dan juga tinggi spesifikasi processor yang ada, hal ini juga harus didukung dengan kondisi komponen lainnya, seperti harddisk, RAM, VGA, dan juga chipset. Maka, meskipun sebuah processor bisa menjadi ukuran dari performa sebuah komputer, tetap harus melihat spesifikasi komponen lainnya.

Demikian delapan fungsi processor yang perlu diketahui. Pastikan mengetahui jenis dan tingkatan processor saat merakit komputer agar tidak terjadi error. Semoga bermanfaat!

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini