Share

Memahami Pengertian Processor Sebagai Otaknya Komputer

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Kamis 17 Maret 2022 08:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 16 57 2562846 memahami-pengertian-processor-sebagai-otaknya-komputer-Hd9MXigGF4.jpg Memahami pengertian processor sebagai otaknya komputer (Foto: Pixabay)

JAKARTA - Pengertian processor atau biasa disebut Central Processing Unit (CPU) mungkin tidak diketahui oleh sebagian orang. Padahal, hal ini perlu dipahami, mengingat ia adalah otak dari komputer.

Umumnya, pengguna tahu jika CPU dapat membantu aktivitas mulai dari pekerjaan sederhana seperti menulis, membalas email, berselancar di internet, main game, dan mengolah grafis.

Lantas, apa pengertian sebenarnya dari CPU dan bagaimana cara kerjanya? Dirangkum dari berbagai sumber, simak ulasan berikut ini.

Pengertian Processor

Processor adalah sirkuit logika yang merespons dan memproses instruksi dasar yang menggerakkan komputer. CPU dipandang sebagai chip sirkuit terpadu (IC) utama dan paling penting dalam komputer.

Pasalnya, CPU bertanggung jawab untuk menafsirkan sebagian besar perintah komputer. CPU akan melakukan operasi aritmatika, logika dan I/O paling dasar, serta mengalokasikan perintah untuk chip dan komponen lain yang berjalan di komputer.

Istilah processor digunakan secara bergantian dengan istilah central processing unit (CPU), meskipun sebenarnya, CPU bukan satu-satunya processor di komputer.

GPU (Graphics Processing Unit) adalah contoh yang paling menonjol, tetapi hard drive dan perangkat lain di dalam komputer juga melakukan beberapa pemrosesan secara independen. Namun demikian, istilah prosesor umumnya dipahami sebagai CPU.

Cara Kerja Processor

Komponen utama CPU adalah ALU (Arithmetic Logic Unit), register, dan unit kontrol. Fungsi dasar ALU dan register diberi label di "elemen dasar bagian prosesor" di atas. Unit kontrol adalah yang mengoperasikan pengambilan dan eksekusi instruksi.

Cara kerja processor adalah dengan mengambil instruksi dari memori komputer. Selanjutnya, mendekode atau menerjemahkan instruksi tersebut ke dalam instruksi biner (atau serangkaian 1 dan 0) sehingga komputer dapat memahami instruksi tersebut. Kemudian, mengeksekusi instruksi dan menyimpan output dalam memorinya.

Demikian pengertian processor sebagai otaknya komputer yang harus diketahui pengguna. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Rayakan Satu Tahun, BuddyKu Fest Hadirkan Sesi Media Challenges

Follow Berita Okezone di Google News

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini