Share

Tips untuk Hadapi Akun Troll di Media Sosial

Tangguh Yudha, Jurnalis · Kamis 17 Maret 2022 17:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 17 54 2563390 tips-untuk-hadapi-akun-troll-di-media-sosial-h5ysmvDy5G.jpg Tips untuk hadapi akun troll di media sosial (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Istilah troll atau trolling sering muncul di media sosial. Hal ini, mengacu pada tingkah seseorang yang sengaja menimbulkan masalah atau konflik dengan memposting komentar kontroversial atau menghina.

Dilansir dari laman Kaspersky, Kamis (17/3/2022), akun troll memiliki tujuan untuk membuat marah orang lain atau memprovokasi mereka untuk mengekuarkan kata-kata kasar.

Mereka biasa ditemukan di berbagai platform internet, mulai dari media sosial, forum, dan ruang obrolan lainnya yang berada di dunia maya.

Akun troll sendiri muncul karena di internet pengguna bisa menggunakan nama sesuai dengan yang diinginkan. Mereka bisa saja menyembunyikan identitas aslinya atau anonim serta bebas melarikan diri, dan inilah yang jadi pemicunya.

Trolling tidak sama dengan saling mengemukakan pendapatan atau berargumen, karena itu masih dalam diskusi yang sehat. Akun troll melampaui itu, mereka dengan sengaja memprovokasi untuk menumbulkan ketidaknyamanan orang lain.

Memang agak sulit membedakan mana trolling dan mana seseorang yang benar-benar ingin berdebat tentang suatu topik. Tetapi bukan berarti tidak bisa dibedakan sama sekali.

Berikut tanda-tandanya, menurut Kaspersky:

- Keluar topik

- Mengabaikan bukti atau fakta

- Menggunakan kata-kata yang cenderung meremehkan

- Memposting gambar-gambar atau stiker yang tidak berkaitan dengan topik.

Baca Juga: Sinergi KKP dan TNI AL Berantas Penyelundupan BBL Ilegal di Batam

Secara umum, jika seseorang tampaknya tidak tertarik pada diskusi yang sehat, mereka akan sengaja melakukan provokasi. Guna menghindari akun troll di media sosial, ada tips yang bisa dilakukan, berikut tipsnya:

1. Abaikan mereka

Ada pepatah, 'jangan beri makan troll.' Seringkali, troll dimotivasi oleh perhatian dan respons emosional, yang berarti membalas komentar jahat atau menyinggung memberi mereka apa yang mereka inginkan.

Mencoba untuk memperdebatkan mereka hanya akan membuat mereka lebih banyak troll. Yang terbaik adalah mengabaikan mereka.

2. Blokir mereka

Sebagian besar platform media sosial saat ini memiliki fitur untuk memblokir pengguna lain. Jika troll mulai mengganggu, segera lakukan pemblokiran sebelum terpancing emosi.

3. Laporkan mereka

Tidak hanya fitur blokir, saat ini juga media sosial sudah memiliki fitur untuk melaporkan pengguna lain. Silakan laporkan mereka yang bersikap kasar atau penuh kebencian.

Nantinya jika laporan diterima, maka akun troll akan ditangguhkan oleh platform. Penangguhan bisa berlangsung sementara atau permanen.

4. Sesuaikan pengaturan privasi

Atur privasi agar akun hanya bisa dijangkau oleh orang yang dikenal, bukan publik secara luas. Caranya bisa dengan membatasi siapa yang berkomentar atau membalas kiriman atau bisa juga dengan mengunci akun dari orang asing.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini