Share

Awas Pencurian Data Pribadi Modus Lamaran Kerja, Ini Tips Agar Tak Jadi Korban

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Jum'at 18 Maret 2022 10:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 18 54 2563710 awas-pencurian-data-pribadi-modus-lamaran-kerja-ini-tips-agar-tak-jadi-korban-lUA5u3LfQs.jpg Awas pencurian data modus lamaran kerja, ini tips agar tak jadi korban (Foto: Sunday Vision)

JAKARTA - Modus pencurian data pribadi semakin hari kian beragam. Salah satu yang kerap dijumpai belakangan ini adalah dengan berkedok rekrutmen kerja.

Para pelaku nantinya akan berpura-pura membuka lowongan pekerjaan. Para korban kemudian diminta untuk mengisi formulir di sebuah situs yang dibuat oleh mereka.

Dari pengisian formulir ini, pelaku akan mengumpulkan data pribadi korban mulai dari foto KTP, foto selfie dengan KTP, foto NPWP, dan data-data penting lainnya.

Data-data ini kemudian akan disalahgunakan oleh mereka, misalnya untuk dijual atau digunakan untuk mengajukan pinjamam online.

Jelas ini akan sangat merugikan para korban. Di saat mereka membutuhkan pekerjaan, malah akan menimpa musibah lain.

agar terhindar dari modus pencurian data seperti ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Berikut ulasannya, diolah dari Instagram Kominfo, Jumat (18/3/2022).

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengecek keresmian perusahaan. Pastikan perusahaan yang dilamar asli, bukan perusahaan abal-abal.

Kalian bisa melihat alamat kantor dan alamat webnya. Biasanya alamat kantor yang tidak jelas dan alamat web yang tidak menggunakan domain perusahaan adalah abal-abal.

Kemudian jangan langsung memberikan data penting seperti KTP dan sebagainya. Memang masih ada perusahaan yang meminta, jika ragu bisa hubungi tim recruitment terkait kebutuhan data-data yang diminta.

Dan yang paling penting, jangan pernah mau jika diminta untuk mengirim foto selfie dengan KTP. Persyaratan foto selfie sangat jelas merupakan indikasi penyalahgunaan data.

Jadi, selalu hati-hati ketika hendak mengirim berkas untuk melamar kerja.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini