Share

Jerman Ingatkan Pengguna Anti Virus Kaspersky untuk Berhati-Hati, Ada Apa?

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Jum'at 18 Maret 2022 15:42 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 18 54 2563950 jerman-ingatkan-pengguna-anti-virus-kaspersky-untuk-berhati-hati-ada-apa-Pc22VHNHzd.jpg Jerman ingatkan pengguna anti virus Kaspersky untuk berhati-hati, ada apa? (Foto: Neowin)

JAKARTA - Badan keamanan siber Jerman (BSI) memperingatkan pengguna perangkat lunak anti-virus yang dikembangkan oleh Kaspersky Lab, agar berhati-hati karena dianggap berisiko dengan serangan siber.

Perusahaan keamanan siber yang berbasis di Moskow, Rusia, mendapatkan tudingan dari BSI jika memata-matai para konsumennya.

BSI mengatakan, Kaspersky bisa dipaksa oleh agen pemerintah Rusia untuk meretas sistem TI di luar negeri.

Kemudian, secara sembunyi-sembunyi agen Rusia juga bisa menggunakan teknologinya untuk meluncurkan serangan siber tanpa sepengetahuannya.

Kaspersky pun merespons, mereka menegaskan sebagai perusahaan yang dikelola swasta tanpa hubungan dengan pemerintah Rusia.

Dikatakan bahwa peringatan yang dikeluarkan oleh BSI bermotif politik, Kaspersky pun mengaku telah menghubungi BSI untuk mengklarifikasi masalah tersebut.

Peringatan BSI sendiri, muncul saat invasi Rusia ke Ukraina meningkat ketika serangan tentara Rusia berlangsung di ibu kota Ukraina.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini