Share

Mengenal Kamikaze, Drone 'Bunuh Diri' Berdaya Ledak Tinggi Siap Hancurkan Rusia

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Jum'at 18 Maret 2022 13:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 18 56 2563804 mengenal-kamikaze-drone-bunuh-diri-berdaya-ledak-tinggi-siap-hancurkan-rusia-xRXv9PfaRS.jpeg Mengenal kamikaze, drone 'bunuh diri' berdaya ledak tinggi siap hancurkan Rusia (Foto: AeroVironment)

JAKARTA - Amerika Serikat (AS) dilaporkan mengirimkan lebih banyak senjata untuk membantu pertahanan Ukraina dalam menghadapi Rusia, salah satunya drone kamikaze.

Disadur dari NBCNews, Jumat (18/3/2022), Presiden AS Joe Biden telah mengumumkan paket bantuan senjata untuk Ukraina, termasuk 100 unit drone Switchblade yang dijuluki kamikaze.

Ada dua varian dari drone Switchblade, yakni jenis 300 dan 600. Diketahui, drone Switchblade ini buatan perusahaan AeroVironment dan menjadi salah satu andalan militer AS.

Dijuluki sebagai drone kamikaze, karena dapat bunuh diri dengan menabrak targetnya dan memiliki hulu ledak tinggi sehingga bisa menghancurkan sasarannya.

Varian Switchblade 300 wujudnya cukup kecil, didesain untuk mengincar personel manusia. Sedangkan, Switchblade 600 yang lebih besar ditujukan untuk menghancurkan tank.

AeroVironment sendiri, menyatakan bahwa perusahaan membela Ukraina dalam mempertahankan tanah air mereka dari serbuan militer Rusia.

Spesifikasi Drone Kamikaze AS

Pada dasarnya, drone ini adalah bom robotika pintar. Ia dibekali dengan kamera, sistem pemandu, dan hulu ledak untuk melumpuhkan target.

Drone kamikaze ini bisa diprogram untuk secara otomatis menuju ke sasaran yang berada di lokasi cukup jauh, bermanuver terlebih dahulu sambil menunggu waktu yang tepat untuk menabrakkan diri.

Pengoperasiannya, dilakukan melalui perangkat tablet, baik secara manual maupun otomatis

Drone Switchblade 300, ukurannya 610 mm dan berat 2,7 kilogram. Sayapnya terlipat dan baru terkembang saat mengudara, dapat dioperasikan sampai jarak 10 kilometer.

Sementara Switchblade 600, beratnya mencapai 23 kilogram. Drone ini bisa terbang sampai 80 kilometer dan menyerang sasaran dengan kecepatan 185 kilometer per jam.

Switchblade disebut-sebut menjadi salah satu senjata tercanggih untuk melawan Rusia. Militer AS sendiri, telah menggunakannya secara terbatas saat peperangan di Afghanistan.

Kendati demikian, ada pertanyaan mengenai apakah tentara Ukraina bisa mengoperasikannya dengan cepat atau memerlukan pelatihan khusus.

Sebab, sejauh ini hanya Inggris satu-satunya negara di luar AS yang diizinkan membeli Switchblade.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini