Share

Urutan Processor AMD dari K5 hingga Orochi Bulldozer

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Jum'at 18 Maret 2022 18:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 18 57 2564043 urutan-processor-amd-dari-k5-hingga-orochi-bulldozer-AfZq1Mvvjb.jpg Urutan processor AMD dari K5 hingga Orochi Bulldozer (Foto: Android Authority)

JAKARTA - Urutan processor AMD harus anda ketahui dengan baik. Karena dengan mengetahui urutan spesifikasinya dari yang terendah hingga yang tertinggi akan memudahkan anda dalam memilih processor AMD sesuai kebutuhan.

Processor merupakan komponen dasar pada laptop atau PC, atau sering disebut sebagai otak komputer. Jika suatu laptop atau PC tidak memiliki processor, maka dapat dipastikan perangkat tersebut tidak dapat berfungsi. Sebeb, hampir sebagian besar perintah yang ada pada laptop atau PC dijalankan oleh processor.

Salah satu processor yang cukup terkenal adalah AMD (Advance Micro Devices). Processor AMD telah dikenal sebagai salah satu processor yang digunakan pada laptop gaming karena performanya yang bagus.

Lalu, bagaimana dengan Urutan Processor AMD? Dirangkum dari berbagai sumber, simak ulasan di bawah ini:

AMD K5

Processor AMD yang pertama adalah AMD K5. Perangkat ini pada awalnya dibuat sebagai alternatif dari processor Intel. Namun karena pada saat itu pasaran terlalu didominasi oleh Intel, sehingga banyak motherboard yang tidak mendukung perangkat keluaran AMD.

AMD K6

Setelah itu, muncul AMD K6 yang dapat dipasang pada semua motherboard. Sehingga muncul persaingan antara Intel dan AMD.

AMD Duron

Selanjutnya adalah AMD Duron yang dirilis pada tahun 2000. AMD Duron menggunakan core versi Thunderbird, sehingga bisa dibilang bahwa processor ini memiliki spesifikasi paling tinggi.

AMD Athlon

AMD Athlon merupakan salah satu processor keluaran AMD yang memiliki kualitas tinggi. Karena processor ini memiliki keunggulan multiprocessor, yang mana dalam satu laptop atau PC dapat dipasang dua processor AMD Athlon.

AMD Athlon 64

AMD Athlon 64 memiliki keunggulan dari pendahulunya, yaitu adanya 3 shocket yang berbeda. Dimana masing-masing memiliki fungsi yang berbeda pula. Selain itu, processor ini dapat beroperasi pada komputer yang memiliki sistem operasi 64-bit.

AMD Athlon 64 FX

Keunggulan yang paling terlihat pada processor AMD Athlon 64 FX adalah adanya antivirus. Processor ini dapat digunakan untuk berbagai macam software yang memiliki grafis yang tinggi, seperti video, audio, dan juga game.

AMD Sempron

AMD Sempron hanya dapat dijalankan pada kompyer yang memiliki sistem operasi 34 bit saja. Keunggulannya adalah, AMD Sempron memiliki dua jenis socket yang dapat digunakan, yaitu Socket A dan Socket 754.

AMD 64 V2 Dual Core

Processor AMD 64 V2 Dual Core dapat dijalankan pada komputer yang memiliki sistem operasi 64bit. Biasanya, processor ini digunakan untuk pengguna yang sering bekerja menggunakan beberapa aplikasi secara rutin.

AMD Opteron

Processor yang satu ini memiliki target pasar sebagai processor untuk komputer server ataupun pada workstation. AMD Opteron dibelaki dengan dua chache yang berbeda. Perbedaan antara kedua chache ini adalah pada besaran data yang digunakan.

AMD Cadiz

Processor AMD Cadiz memiiki inti sebanyak 4 core yang dirancang menggunakan hyperstansport 3, dengan L2 chache, dan DDR2/3.

AMD Orochi “Bulldozer”

Jenis terbaru dari processor AMD adalah Orochi Bulldozer yang digunakan pada komputer atau PC dengan spesifikasi yang tinggi.

Demikian informasi yang dapat Okezone sampaikan mengenai urutan processor AMD dari K5 hingga Orochi Bulldozer.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini