Share

Perbedaan RAM dan ROM di HP, Mulai dari Fungsi hingga Kapasitas

Komaruddin Bagja, Jurnalis · Sabtu 19 Maret 2022 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 18 57 2564163 perbedaan-ram-dan-rom-di-hp-mulai-dari-fungsi-hingga-kapasitas-TCh6G7JDkg.jpg Perbedaan RAM dan ROM di HP, mulai dari fungsi hingga kapasitas (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Perbedaan RAM dan ROM di HP mungkin belum diketahui oleh sebagian pengguna, jika demikian bisa jadi salah pengertian mengenai kedua komponen tersebut.

RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory. Fungsi RAM yakni menyimpan data perintah dari sistem atau aplikasi secara sementara. Komponen ini juga berguna dalam menyimpan data dari aplikasi pada saat sedang digunakan.

Aplikasi dan sistem bisa beroperasi dengan mudah dan merespon perintah dengan cepat apabila kapasitas RAM mumpuni. Secara garis besar, RAM digunakan untuk menyimpan data program yang dibutuhkan saat aplikasi bekerja. Pada saat aplikasi ditutup data yang terdapat dalam RAM akan dihapus.

Sebaliknya, ROM berfungsi untuk menyimpan data yang bersifat permanen. Berbeda dengan RAM, ketika aplikasi ditutup atau ROM kehilangan daya listrik, maka tidak akan dapat dihapus secara otomatis.

Di HP Android, fungsi ROM sebagai media penyimpanan data aplikasi seperti foto, video, musik dan juga data aplikasi bersifat permanen. Sedangkan, RAM hanya untuk menjamin aplikasi dan sistem dapat berjalan lancar responsif.

Dirangkum dari berbagai sumber, perbedaan RAM dan ROM di HP Android adalah sebagai berikut:

1. Kebutuhan Arus Listrik

Soal kebutuhan arus listrik, RAM juaranya. Ia tidak dapat menyimpan atau mengubah data tanpa adanya aliran listrik. Bahkan jika tak ada aliran listrik, maka RAM tidak akan berjalan.

Berbeda dengan ROM, komponen yang satu ini tidak membutuhkan aliran listrik. Misalnya foto, data atau video tidak akan hilang walaupun HP dimatikan.

2. Kapasitas RAM vs ROM

Untuk kapasitas RAM lebih kecil dari ROM. Karena ROM bersifat sementara dalam menyimpan data. Sementara ROM memiliki kapasitas yang lebih besar karena data yang disimpan adalah permanen.

Di pasaran saat ini, HP Android dibekali RAM berkapasitas 2GB sampai 8 GB. Sisi ROM, kapasitasnya lebih besar dari RAM mulai dari 16 GB sampaiI 512 GB.

Berdasarkan perbedaan RAM dan ROM yang telah dibahas tadi, dapat diambil kesimpulan agar performa HP tetap lancar saat digunakan merupakan tanggung jawab dari RAM.

Sedangkan, ROM bertugas menyimpan data sistem dan aplikasi yang bersifat permanen. Maksudnya pengguna dapat melihat atau membaca data namun tidak dapat menghapus secara otomatis.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini