Share

Fungsi VGA Card pada PC dan Jenis-Jenisnya

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Sabtu 19 Maret 2022 07:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 18 57 2564169 fungsi-vga-card-pada-pc-dan-jenis-jenisnya-XII9FIvgNY.jpg Fungsi VGA card pada PC dan jenis-jenisnya (Foto: TechSpot)

JAKARTA - Fungsi VGA card pada komputer (PC) mungkin belum banyak yang mengetahuinya. VGA atau Video Graphic Adaptor yang biasa disebut sebagai kartu grafis merupakan sebuah komponen yang digunakan untuk menghasilkan tampilan gambar yang lebih baik.

Bagi sebagian pengguna PC, mungkin penggunaan VGA tidak begitu penting. Apalagi jika pekerjaan yang dilakukan menggunakan PC hanya sebatas browsing atau menggunakan microsoft office saja.

Namun, VGA akan dianggap sangat penting jika pekerjaan yang dilakukan seputar desain, edit foto dan video, atau bahkan gaming. Karena pekerjaan-pekerjaan tersebut membutuhkan grafis yang lebih baik.

Lantas, bagaimana degan Fungsi VGA Card dan jenis-jenisnya? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

Fungsi VGA Card

Fungsi utama dari kartu grafis atau VGA card adalah untuk merubah sinyal digital yang ada pada sistem komputer menjadi tampilan grafis pada layar monitor. Kartu VGA ini terhubung secara langsung ke dalam CPU atau processor, sehingga data grafis yang ditampilkan pada layar akan terlihat lebih sempurna.

Maka dari itu, perangkat yang menggunakan VGA akan memberikan:

- Tampilan grafis pada game akan terlihat jauh lebih baik dan tanpa masalah.

- Tampilan pada layar monitor menjadi lebih tajam.

- Mendukung untuk membuat desain grafis atau desain 3D.

- Mendukung tampilan yang detail ketika digunakan untuk memutar video atau menampilkan foto.

Jenis-Jenis VGA Card

Ada pula beberapa jenis VGA Card yang harus anda ketahui. Secara umum, VGA Card pada PC dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

1. VGA On Board, yaitu VGA yang tertanam pada perangkat motherboard. Sehingga, komponen ini tidak bisa dilakukan upgrade atau penggantian komponen.

2. VGA Card, yaitu VGA yang penggunaannya terpisah dari perangkat motherboard. Sehingga dalam penggunaannya, VGA ini dapat dilakukan upgrade atau penggantian komponen sesuai kebutuhan pengguna.

Demikian penjelasan Okezone mengenai fungsi VGA Card pada PC dan jenis-jenisnya.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini