Share

4 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi Sebagian

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Minggu 20 Maret 2022 08:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 19 57 2564518 4-cara-memperbaiki-keyboard-laptop-yang-tidak-berfungsi-sebagian-4H5kNfG9it.jpg 4 cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi sebagian (Foto: Driver Easy)

JAKARTA - Cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi sebagian sangatlah mudah. Keyboard laptop yang tidak berfungsi sebagian memanglah menjengkelkan.

Hal itu dapat menghambat pekerjaan bahkan dapat mempersulit hingga menyebabkan pekerjaan tak kunjung usai. Terutama bila keyboard yang tidak berfungsi terkait tombol huruf maupun angka tertentu.

Umumnya, para pengguna yang terkendala sebagian keyboard tidak berfungsi menggunakan alternatif copy paste. Namun, perlu diketahui, bila dilakukan terus menerus akan sangat menyusahkan.

Bagi Anda yang pernah atau sedang mengalami masalah ini tidak perlu risau. Pasalnya, terdapat beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Lantas, cara apa saja yang dapat mengatasi tidak berfungsinya sebagian keyboard laptop? Dirangkum dari berbagai sumber, simak ulasan berikut ini.

1. Melakukan Restart Laptop

Biasanya, ketika keyboard tidak berfungsi sebagian, hal pertama yang bisa dilakukan adalah melakukan restart. Tak jarang dengan melakukan restart laptop dapat menjadi solusi berbagai masalah yang terjadi pada sistem operasi.

Oleh sebab itu, cara ini patut dicoba terlebih dahulu sebelum melakukan tindakan lain. Apabila Anda tidak bisa melakukan restart melalui “Start Menu”, tekan tombol daya di laptop selama beberapa saat sampai perangkat tersebut mati.

2. Melakukan System Restore

Terkadang tanpa disadari pengguna, masalah keyboard laptop tidak berfungsi muncul setelah melakukan instalasi suatu program. Jika ini yang terjadi, Anda bisa mencoba untuk melakukan system restore.

Bagi pengguna Windows 7 dan Windows 8 bisa melakukannya dengan membuka “Start Menu”, lalu cari “Recovery” di kolom search. Sedangkan, bagi pengguna Windows XP, “System Restore” bisa ditemukan dengan membuka “Start Menu”, lalu klik “All Programs”, “Accessories”, dan ”System Tools” secara berurutan.

Menu “System Restore” ini akan membuat laptop kembali pada keadaan sebelum dilakukan instalasi program yang menjadi masalah. Secara otomatis, program-program yang bermasalah akan hilang dari sistem. Sehingga, jangan lupa untuk melakukan backup semua data penting sebagai antisipasi.

3. Periksa Driver Keyboard

Selain karena instalasi program, masalah keyboard tidak berfungsi sebagian juga dapat disebabkan oleh driver. Hal ini dapat terjadi jika Anda melakukan pemasangan perangkat lunak pihak ketiga, adanya serangan virus, dan sebagainya.

Maka dari itu, perlu dilakukan pengecekan secara berkala. Caranya cukup mudah dengan membuka “Device Manager” melalui “Start Menu”, lalu ketik “device manager” pada kolom pencarian.

Setelah masuk ke “Device Manager”, perhatikan bagian “Keyboards”. Apabila ada tanda segitiga berwarna kuning, besar kemungkinan bahwa driver keyboard mengalami masalah.

Untuk mengatasinya, Anda perlu mengunduh driver terbaru untuk keyboard tersebut di situs produsen laptopnya. Selain itu, bisa juga dengan mencoba mengklik dua kali pada jenis keyboard yang muncul di bawah bagian “Keyboards” untuk mencari driver yang diperlukan. Selanjutnya, pilih menu driver dan klik “Update Driver” sebagai alternatif mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi sebagian.

4. Cek Fungsi NumLock

Ada pula masalah sepele yang dapat menyebabkan keyboard laptop tidak berfungsi, seperti fungsi Num Lock yang tidak aktif pada saat menginput nomor. Apabila fungsi NumLock tidak aktif, karakter yang muncul saat menekan angka-angka pada keyboard biasanya akan berbeda dari tombol yang ditekan.

Anda dapat mengaktifkan dan menonaktifkan fungsi ini dengan menekan tombol Num Lock yang biasanya ada di sekitar tombol angka. Sementara itu, pada keyboard laptop, biasanya dilakukan dengan menekan tombol Fn bersamaan dengan NumLk atau NumLock untuk mengaktifkan dan mematikan fungsi tersebut.

Demikian 4 cara memperbaiki keyboard yang tidak berfungsi sebagian. Bila keempat cara tersebut belum berhasil, segera periksakan pada ahlinya agar dapat ditangani dengan tepat.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini