Share

BuddyKu Content Creation Workshop Bersama TNI AL Lanal Tual Menang Melawan Perang Disinformasi dengan Membuat Konten

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 21 Maret 2022 13:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 21 57 2565154 buddyku-content-creation-workshop-bersama-tni-al-lanal-tual-menang-melawan-perang-disinformasi-dengan-membuat-konten-x5FsGbHaUu.jpeg BuddyKu content creation workshop bersama TNL AL Lanal Tual (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Di era informasi yang dapat menyebar dengan cepat, lembaga pemerintahan sudah sangat menyadari kebutuhan akan pentingnya dukungan publik untuk menjaga kredibilitas dan reputasinya. Untuk itu, BuddyKu menggelar Content Creation Workshop bersama jajaran anggota TNI Angkatan Laut Lanal Tual, Maluku dengan tema “Jaya di Laut, Jaya Berkomunikasi”.

Dalam workshop tersebut, terlihat antusiasme peserta yang merupakan jajaran anggota TNI AL di Tual, Maluku. Apalagi kesadaran akan peran media di tubuh TNI Angkatan Laut (AL) Lanal Tual telah terlihat dari banyak sekali aktivitas publikasi yang telah dilakukan oleh TNI AL di berbagai macam platform media sosial.

Komandan Lanal Tual, Kolonel Laut (P) Indra Dharma S.E., M. Tr. Hanla mengatakan workshop seperti ini sangat penting karena menurutnya saat ini tentara saat ini menghadapi bukan hanya perang secara fisik, tetapi juga perang informasi.

Ia menyatakan, “Saya merasa workshop seperti ini sangat penting karena untuk saat ini, kami sebagai tentara itu menghadapinya bukan perang secara fisik, yang kita hadapi saat ini terutama di Indonesia adalah perang informasi, makanya hal terpenting saat ini adalah bagaimana kita bisa memberikan informasi kepada masyarakat terkait apa yang dilaksanakan oleh TNI AL Lanal Tual, sehingga masyarakat dapat memperoleh informasi yang sebanyak-banyaknya, seakurat mungkin dan sebaik-baiknya. Harapannya demikian sehingga kedepan dapat memberikan nilai positif kepada Angkatan Laut dan citra instansi pemerintah”.

Sejalan dengan hal tersebut Delvi Sinambela, Head of Production BuddyKu mengingatkan pentingnya pentingnya strategi komunikasi dalam menghadapi perang informasi. Ia mengatakan, "Penting sekali untuk memahami strategi komunikasi, untuk itu kita perlu menguasai skill sets yang diperlukan dalam berkomunikasi, baik secara konsep ataupun teknis. Salah satu skill set yang bisa dipelajari adalah dengan membuat konten yang baik, yang mudah dimengerti orang lain".

"Tanpa ada informasi semua hal yang kita lakukan tidak akan terlihat, kalau tidak ada yang bercerita orang lain tidak akan tahu. Seperti kegiatan di TNI AL Lanal Tual ini kegiatannya ada banyak, tetapi tidak akan terpublikasi jika tidak ada yang bercerita".

Delvi juga menambahkan ,dengan potensi keindahan alam, pariwisata dan kuliner yang dimiliki Tual, membuat konten yang diangkat bisa sangat beragam. Cerita kehidupan barak militer TNI Angkatan Laut dan kegiatan rutin yang diadakan juga dapat menjadi konten unik yang menarik banyak audience.

Di akhir acara jajaran anggota TNI Al Lanal Tual mencoba membuat konten di aplikasi BuddyKu. Sisi teknis pembuatan konten dan distribusi konten dipaparkan oleh Gambon Nugroho, Eksekutif Produser BuddyKu. Dalam waktu yang singkat, materi yang diberikan langsung dipraktekkan menjadi konten yang disajikan menarik oleh para peserta workshop. Dengan beragam fitur yang ada di BuddyKu, peserta workshop dapat memaksimalkan konten yang dibuat dalam berbagai format yakni, foto, artikel dan video.

Tak hanya sebagai aplikasi untuk membuat konten dan berbagi informasi, BuddyKu juga menyediakan akses ribuan informasi dan berita gratis setiap harinya. Dengan teknologi Artificial Intelligence, berita dan informasi yang diberikan akan disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi penggunanya. Setiap content creators yang telah membuat konten di BuddyKu akan mendapatkan sistem rewards untuk setiap konten yang diakses oleh pengguna lainnya. Semakin sering diakses maka akan semakin cuan!

Jadi tunggu apa lagi ayo segera download BuddyKu yang telah tersedia di Appstore dan Playstore, Gratis!!

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini