Share

5 Cara Membersihkan Keyboard Laptop, Salah Satunya Gunakan Alkohol

Rina Anggraeni, Jurnalis · Senin 21 Maret 2022 16:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 21 57 2565324 5-cara-membersihkan-keyboard-laptop-salah-satunya-gunakan-alkohol-l8AQxUyxXn.jpg 5 cara membersihkan keyboard laptop, salah satunya gunakan alkohol (Foto: Asurion)

JAKARTA - Cara membersihkan keyboard laptop perlu diketahui, tujuannya agar tidak terlihat kotor dengan debu yang menempel. Membersihkan keybord laptop sangatlah mudah bahkan bisa dilakukan sendiri

Adapun, kotoran yang menempel bisa membuat tombol terasa lengket karena jari habis memegang makanan atau minuman jus yang manis, lalu remahan makanan yang terselip di antara tombol keyboard, sehingga tombol menjadi sulit ditekan atau nyangkut.

Ada langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk meminimalkan kerusakan keybord pada laptop. Berikut cara membersihkan keyboard laptop, dirangkum dari berbagai sumber:

1. Matikan laptop

Matikan dan cabut laptop Anda sebelum melakukan pembersihan. Anda harus mematikan daya sepenuhnya untuk memastikan tidak ada yang rusak jika sedikit uap air masuk ke dalam. Matikan laptop melalui menu shutdwon , lalu cabut kabel daya. Mematikan daya berarti bisa terhindar dari setruman listrik ataupun hal yang bisa merugikan.

Atau cara lain matikan laptop lalu lepaskan adaptor AC dan baterai (untuk model baterai yang bisa dilepas). Anda dapat menggunakan pembersih keyboard dengan sikat, atau peledakan udara untuk membersihkan partikel yang masuk di antara tombol.

2. Arahkah Laptop ke samping

Miringkan laptop ke bawah dengan hati-hati.Seperti contoh, pindahkan laptop ke dekat wastafel, dan putar 90 derajat untuk menuangkan cairan yang tersisa di notebook.

Ini untuk menghilangkan atau menjatuhkan debu , remah-remah, atau kotoran lain yang bersembunyi di celah-celah keyboard Anda. Dengan mengeluarkan debu akan lebih mudah untuk melakukan pembersihan yang lebih detail di kemudian hari.

3. Semprot air duster

Semprot air duster ke permukaan keyboard untuk mendorong debu dan kotoran yang ada di celah keluar. Pastikan Anda menggerakkan air duster saat menyemportnya sehingga air duster tidak disemprot pada 1 titik saja untuk waktu lama.

4. Gunakan kain microfiber

Microfiber sangat bagus dalam menarik debu, jadi lebih cepat pada tombol dapat membantu menghilangkan beberapa kotoran yang menumpuk di keyboard Anda.

5. Pakai Alkohol

Cara membersihkan keyboard laptop bisa menggunakan alkohol untuk menghilangkan residu berminyak yang ditinggalkan oleh jari-jari Anda. Pastikan untuk selalu mengoleskan alkohol ke bola kapas terlebih dahulu, dan jangan pernah menuangkannya langsung ke keyboard.

Demikian pembahasan tentang 5 cara membersihkan laptop yang bisa Anda lakukan sendiri, semoga bermanfaat.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini