Share

Cara Mengganti Password WiFi Lewat HP Tanpa Aplikasi

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Sabtu 26 Maret 2022 07:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 25 57 2568025 cara-mengganti-password-wifi-lewat-hp-tanpa-aplikasi-ye2ZYzcmYQ.jpg Cara mengganti password WiFi lewat HP tanpa aplikasi (Foto: Parent Cue)

JAKARTA - Cara mengganti password WiFi lewat HP sangatlah mudah. Kini sudah banyak ditemukan fasilitas WiFi gratis di tempat umum, sepertinya banyak orang tidak asing lagi dengan fasilitas tersebut.

Bahkan saat ini, WiFi kerap kali ditemui dengan mudah, baik di rumah, warung, cafe dan tempat lainnya. Bila Anda memiliki WiFi di rumah, alangkah baiknya mengaktifkan sistem keamanan yang berupa kata sandi atau password. Perlu diketahui, sandi tersebut harus sering diubah agar terhindar dari kejahatan.

Menurut salah satu pengembang antivirus ternama, kata sandi harus sering diganti. Pasalnya, jaringan WiFi bisa saja disusupi orang yang tidak bertanggung jawab, bahkan bisa-bisa data yang terhubung pada jaringan tersebut dicuri.

Dalam mengganti kata sandi Anda tidak perlu repot memanfaatkan laptop atau PC. Lantaran, penggantian kata sandi bisa dilakukan dengan menggunakan HP dan tanpa aplikasi.

Lantas, bagaimana cara mengganti kata sandi WiFi dengan mudah di HP? Dirangkum dari berbagai sumber, lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.

Cara Mengganti Sandi WiFi Lewat HP

Perlu diketahui, menu manajemen router dapat diakses pada browser yang terpasang di ponsel Anda. Dengan begitu, kata sandi bisa diatur ulang atau diubah sesuai dengan keinginan Anda. Untuk lebih jelasnya, berikut cara mengganti password WiFi lewat HP:

- Pertama, pastikan ponsel Anda terhubung dengan jaringan internet atau WiFi.

- Kemudian, buka browser untuk akses ke menu manajemen router.

- Lalu, buka laman pengaturan router dengan masuk ke alamat IP 192.168.1.1. Jika tidak berhasil, Anda bisa melihat alamat IP bawaan pada bagian belakang router.

- Selanjutnya, coba akses kembali laman pengaturan router sesuai alamat IP bawaan.

- Di halaman tersebut, Anda harus memilih menu “Network”. Kemudian, klik menu WLAN.

- Langkah berikutnya, cari kolom bertuliskan “WPA Passphrase”. Ganti kata sandi sesuai keinginan.

- Setelah itu klik “OK”. Kode password WiFi Anda secara otomatis sudah terganti.

Demikian cara mengganti password WiFi lewat HP tanpa menggunakan aplikasi.

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini