Share

5 Cara Memperkuat Sinyal WiFi, Salah Satunya Ubah Password

Rina Anggraeni, Jurnalis · Minggu 27 Maret 2022 07:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 25 57 2568051 5-cara-memperkuat-sinyal-wifi-salah-satunya-ubah-password-o5KspsTHas.png 5 cara memperkuat sinyal WiFi, salah satunya ubah password (Foto: IMC Grupo)

JAKARTA - Cara memperkuat sinyal WiFi bisa dilakukan dengan mudah, sda sejumlah metode yang bisa diterapkan untuk mewujudkannya.

Diketahui, WiFi menjadi salah satu hal yang banyak dimafaatkan oleh masyarakat modern untuk mengakses internet. Kini, banyak masyarakat yang tertarik memasang WiFi di rumah.

Kecepatan WiFi bervariasi dari satu hari ke hari berikutnya. Bahkan, terkadang WiFi tidak pernah memberikan kecepatan yang dijanjikan oleh penyedia layanan internet (ISP).

Ada begitu banyak faktor pemicu internet tidak cepat, sehingga seringkali sulit untuk mengetahui cara meningkatkan sinyal. Tetapi, masih ada beberapa cara yang bisa diandalkan sebelum memutuskan untuk berpindah ISP.

Sebaiknya mulai dari yang dasar, jalankan speed test untuk melihat jenis kecepatan internet yang dilihat di router sebelum diubah menjadi sinyal nirkabel.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 5 cara memperkuat sinyal WiFi:

1. Penempatan

Hal yang perlu Anda perhatikan saat memasang wifi adalah penempatannya. Kebanyakan orang lebih suka memasangnya di pojok rumah.

Namun, tempat paling tepat untuk memasang wifi adalah di ruangan yang paling sering digunakan atau tempat terbaik untuk meletakkan router WiFi yakni di lokasi pusat, sehingga router mempunyai peluang terbaik untuk menjangkau ujung-ujung rumah Anda.

2. Kurangi Jumlah Perangkat

Untuk mempercepat sinyal WiFi, Anda juga perlu mengurangi jumlah perangkat yang digunakan. Sehingga hal ini bisa menghindari Anda dari sinyal yang lemot.

3. Repeater

Saat Anda tinggal di apartemen, ada cara yang jauh lebih sederhana untuk mempercepat sinyal WiFi, yakni dengan menggunakan Repeats. Selain itu, Anda juga mungkin membutuhkan mesh router atau WiFi repeater.

Apakah router Anda sudah terbaru? Jika firmware-nya belum diperbarui dalam waktu lama, kinerja bisa tertatih-tatih. Beberapa router dapat memperbarui firmware mereka secara otomatis. Jadi gunakan aplikasi seluler router atau masuk ke panel kontrolnya dan lihat apakah firmware dapat diperbarui.

4. Ubah Password

Anda juga perlu untuk mengganti password sesering mungkin. Hal ini bisa menjadi salah satu cara untuk mempercepat sinyal WiFi di rumah Anda.

5. USB Router

Anda juga bisa mencoba USB Router jika tertarik menggunakan WiFi di rumah. Ini menjadi salah satu cara untuk meningkatkan sinyal WiFi di rumah.

Baca Juga: Sinergi KKP dan TNI AL Berantas Penyelundupan BBL Ilegal di Batam

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini