Share

China Bangun Pesawat Super Canggih, Jarak 10 Ribu Km Bisa Ditempuh 1 Jam

Tangguh Yudha, Jurnalis · Senin 28 Maret 2022 09:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 28 56 2568860 china-bangun-pesawat-super-canggih-jarak-10-ribu-km-bisa-ditempuh-1-jam-M6irWrBeGd.jpg China bangun pesawat super canggih, jarak 10 ribu bisa ditempuh 1 Jam (Foto: Space Transportation)

JAKARTA - Perusahaan kedirgantaraan China, Space Transportation, dilaporkan sedang membangun pesawat super canggih, disebut bisa terbang dari Beijing ke New York (10.982 km) hanya dalam satu jam.

Disadur dari Robb Report, Senin (28/3/2022), pesawat supersonik ini akan memilki kecepatan maksimum sekitar 4.184 kmh, Space Transportation merancangnya untuk penerbangan suborbital, atau perjalanan kota ke kota di seluruh dunia.

Selain itu, pesawat juga akan digunakan untuk wisata luar angkasa. Tetapi untuk tujuan ini, Space Transportation mengatakan masih akan melakukan pengembangan lebih lanjut.

Pesawat akan lebih dulu "dikawin silangkan" dengan roket yang biasa digunakan untuk perjalanan luar angkasa. Nantinya, pesawat bakal dikaitkan dengan dua roket pendorong, setelah lepas landas, roket akan terlepas dan badan utama pesawat akan melanjutkan perjalanan.

Juru bicara Space Transportation mengatakan, pesawat rancangannya ini akan memiliki kecepatan di atas pesawat rata-rata serta biaya operasional yang lebih murah dibanding roket luar angkasa.

Space Transportation sendiri, telah menggelontorkan dana hingga US$ 46,3 juta atau sekitar Rp664 miliar untuk menghadirkan pesawat supersoniknya. Perusahaan juga yakin akan sukses melakukan uji terbang.

Rencananya pesawat mulai diuji untuk pengujian darat pada 2023 mendatang, kemudian lanjut ke uji coba terbang pada 2024. Jika sukses, pesawat akan meluncur 2025.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini