Share

3 Penyebab WiFi Tidak Ada Internet, Gangguan Jaringan Salah Satunya

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Rabu 30 Maret 2022 07:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 29 57 2569921 3-penyebab-wifi-tidak-ada-internet-gangguan-jaringan-salah-satunya-QQndAOzJBO.jpeg 3 penyebab WiFi tidak ada internet, gangguan jaringan salah satunya (Foto: SoftwareKeep)

JAKARTA - Penyebab WiFi tidak ada internet cukup beragam. Internet saat ini menjadi kebutuhan primer yang dapat membantu meringankan pekerjaan maupun kegiatan belajar.

Diketahui, sudah banyak orang beralih dari provider ke jaringan WiFi lantaran lebih cepat, stabil, dan tentunya lebih murah. Tetapi, tidak bisa dipungkiri terkadang WiFi yang digunakan bermasalah.

Salah satu masalahnya seperti saat menyambungkan WiFi, bukannya terhubung tetapi muncul pesan “no internet” atau “tidak ada internet.” Hal itu membuat kesal lantaran dapat mengganggu pekerjaan.

Namun, tahukah jika hal itu pertanda adanya gangguan dengan jaringan WiFi yang ada. Lantas, apa saja penyebab WiFi tidak ada internet? Dirangkum dari berbagai sumber, simak ulasan berikut.

1. Masalah dari Router

Penyebab pertama bisa saja disebabkan oleh router yang dipakai bermasalah. Seperti router mengalami error atau bahkan kerusakan.

Jika kondisinya hanya sekedar WiFi terhubung tetapi tidak bisa akses internet, umumnya router hanya mengalami error. Sedangkan jika WiFi tidak terhubung sama sekali ke perangkat elektronik bisa jadi ada kerusakan di router.

2. Kesalahan Pengaturan WiFi

Terkadang saat melakukan konfigurasi pengaturan WiFi jika tidak benar akan menimbulkan masalah. Salah satunya seperti WiFi terhubung tetapi tidak bisa akses internet.

Jika penyebabnya hal ini, bisa kembalikan pengaturannya ke default supaya perangkat yang mengakses WiFi tersebut bisa kembali terhubung ke internet.

3. Gangguan Jaringan

Penyebab atu ini kerap kali dirasakan bagi pengguna jika cuaca tidak baik. Gangguan jaringan memang dapat disebabkan cuaca yang tidak baik, atau ada masalah dari provider.

Namun, umumnya masalah ini tidak berlangsung lama. Sehingga permasalahan ini dapat ditunggu sampai gangguan jaringan selesai.

Demikian tiga penyebab WiFi tidak ada internet yang perlu diketahui, semoga bermanfaat.

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini