Share

6 Cara Mengatasi WhatsApp Terus Berhenti dan Tidak Bisa Dibuka

Rina Anggraeni, Jurnalis · Kamis 31 Maret 2022 08:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 30 54 2570623 6-cara-mengatasi-whatsapp-terus-berhenti-dan-tidak-bisa-dibuka-zqn0ljB25T.jpeg 6 cara mengatasi WhatsApp terus berhenti dan tidak bisa dibuka (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Ada cara mengatasi WhatsApp terus berhenti dan tidak bisa dibuka. WhatsApp sendiri, merupakan salah satu aplikasi perpesanan paling populer.

Pasalnya, lebih dari 10 persen populasi global menggunakan aplikasi secara aktif setiap bulan. Meskipun demikian, beberapa bug atau masalah aplikasi tak bisa juga dihindari.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut enam cara mengatasi WhatsApp terus berhenti dan tidak bisa dibuka:

1. Pastikan Tersedia Internet

Ketika mengalami WhatsApp down atau error, coba untuk mengecek jaringan internet. Pastikan koneksi internet baik, jika sinyal jelek coba menggunakan koneksi WiFi yang tersedia di sekitar Anda.

Jika Anda tidak dapat mengirim pesan, berikut adalah beberapa solusi instal versi aplikasi terbaru dari Play Store. Periksa koneksi internet Anda, Wi-Fi atau 4G (dalam Pengaturan> Nirkabel dan Jaringan), pastikan aplikasi Task Killer tidak memengaruhi WhatsApp, kosongkan cache aplikasi (Pengaturan> Aplikasi> WhatsApp> Bersihkan Cache),

2. Restart Android Anda

Jika cara pertama belum berhasil, coba untuk melakukan restart. Dengan melakukan restart, Anda coba mengulang seluruh sistem di android Anda untuk bekerja secara normal.

3. Bersihkan Cache

Langkah selanjutnya jika WhatsApp masih juga error, coba untuk menghapus chace di aplikasi tersebut. Cache ini sebenarnya merupakan data yang tersimpan sementara di aplikasi.

Dengan membersihkan chace secara teratur, ini bisa mengurangi beban data yang bisa membuat WhatsApp lemot atau bahkan error.

4. Hapus Data di WhatsApp

Data di WhatsApp yang penuh juga bisa menjadi penyebab akun Anda tidak bisa dibuka. Namun sebelum menghapus data di WhatsApp, pastikan Anda sudah melakukan backup data.

5. Instal Kembali WhatsApp

Ini adalah cara terakhir untuk mengatasi WhatsApp yang error. Caranya buka setelan di android Anda untuk melakukan uninstal WhatsApp.

6. Bersihkan Penyimpanan dan RAM

Sistem pada handphone nantinya harus menghentikan beberapa aplikasi agar RAM memiliki ruang yang cukup untuk berjalan normal. Untuk berjaga-jaga, sebaiknya jangan terlalu membuka aplikasi terlalu banyak apabila kapasitas RAM yang dimiliki handphone tergolong kecil dan menutup aplikasi yang tidak dibutuhkan.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini