Share

10 Tahun Google di Indonesia, Berikut Perjalanan 1 Dekade Terakhir

Antara, Jurnalis · Kamis 31 Maret 2022 10:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 31 54 2570777 10-tahun-google-di-indonesia-berikut-perjalanan-1-dekade-terakhir-88sn2Tb9gd.jpg 10 tahun Google di Indonesia, berikut perjalanan 1 dekade terakhir (Foto: Google Indonesia)

JAKARTA - Raksasa teknologi Google merayakan 10 tahunnya berada di Indonesia pada Rabu (30/3) kemarin, perusahaan membagikan cerita perjalanannya satu dekade terakhir.

"Ketika kami membuka kantor Google Indonesia pada 2012, kami memiliki visi yang jelas, yaitu mengembangkan produk dan program yang secara khusus bermanfaat bagi orang Indonesia," kata Google Indonesia melalui keterangannya, dikutip Kamis (31/3/2022).

Guna memperingati 10 tahun Google di Indonesia yang jatuh pada hari ini, Google membagikan 10 momen terbaiknya dari satu dekade terakhir.

Pertama, membangun fitur produk untuk orang Indonesia. Seperti misalnya mode sepeda motor di Google Maps yang membantu pengendara sepeda motor di Indonesia menemukan rute khusus motor, dan memasukkan beberapa dari ratusan bahasa daerah di Indonesia ke dalam Google Terjemahan.

Kedua, melatih dua juta orang Indonesia dengan keterampilan digital mulai dari Bisnis Lokal Go Online pada 2012, Gapura Digital dan Women Will.

Ketiga, mendukung lebih dari 200.000 developer seluler di Indonesia untuk game, dan program Google for Startups guna membantu menumbuhkan ekonomi digital terbesar di Indonesia.

Keempat, menghadirkan Borobudur hingga kedalaman Raja Ampat ke mata dunia melalui Street View.

Kelima, melindungi samudra dengan teknologi. Gringgo Foundation yang didukung oleh pendanaan dari Google.org, mengembangkan alat untuk mengatasi polusi limbah plastik.

Google juga bekerja sama dengan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, yang memanfaatkan teknologi Global Fishing Watch dari Google Earth.

Keenam, merayakan kekayaan sejarah dan budaya Indonesia di platform melalui Doodle Indonesia yang pertama kali dikenalkan pada 2012 untuk merayakan ulang tahun kemerdekaan Indonesia ke-67.

"Selain Doodle, kami juga ingin memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia kepada dunia. Momen favorit adalah ketika kami memperkenalkan tradisi batik dan rempah-rempah Indonesia melalui Google Arts and Culture," kata Google.

Ketujuh, memberdayakan generasi berikutnya melalui Google Career Certificates hingga Bangkit yang kini memasuki tahun ketiganya telah melatih hampir 2.500 orang.

Kedelapan, mendukung jurnalisme dan industri berita melalui pelatihan mendalam tentang jurnalisme data dan pengecekan fakta, sekaligus mendanai upaya pengecekan fakta yang dilakukan oleh jaringan Cek Fakta.

Kesembilan, menjangkau lebih dari 100 juta orang di YouTube setiap bulannya.

Dan terakhir, dukungan orang-orang hebat dengan puluhan Googler berkarya membantu Indonesia saat ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini