Share

Google Siapkan Fitur Pendeteksi Alat Pelacak, Cegah Penguntit Beraksi

Antara, Jurnalis · Jum'at 01 April 2022 15:56 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 01 57 2571680 google-siapkan-fitur-pendeteksi-alat-pelacak-cegah-penguntit-beraksi-uDNfLPZbRi.jpg Google siapkan fitur pendeteksi alat pelacak, cegah penguntit beraksi (Foto: Unsplash/Daniel Romero)

JAKARTA - Google disebut-sebut sedang menyiapkan fitur terbarunya, yaitu pendeteksi alat pelacak "smart tag" untuk pengguna ponsel Android.

Dilansir dari GSM Arena, Jumat (1/4/2022), "smart tag" merupakan alat yang belakangan muncul untuk membantu pemiliknya melacak benda atau pun hewan peliharaan, tetapi ternyata dibalik fungsi canggihnya itu kerap ditemukan penyalahgunaan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab melakukan penguntitan.

Maka dari itu, Google meluncurkan pendeteksi "smart tag" otomatis agar penggunanya bisa mengetahui adakah alat pelacak yang tidak dikenal di sekitarnya untuk mencegah kejadian yang tidak menguntungkan.

Fitur itu, ditemukan dalam dekompilasi APK Layanan Play dan mengungkapkan adanya fungsi peringatan untuk melacak perangkat yang tidak dikenal. Beberapa di antaranya merupakan nama-nama produk "smart tag" yang saat ini dijual dipasaran.

Setelah aplikasi Google berhasil mendeteksi "smart tag" yang tidak dikenal, nantinya aplikasi akan memberitahu pengguna mengenai keberadaan "smart tag" dan bisa menyembunyikan posisi pengguna jika ternyata "smart tag" yang tidak dikenal dirasa membahayakan dan bukan milik pengguna.

Selain fitur pendeteksi "smart tag" tidak dikenal, Google juga tengah mengerjakan deteksi "smart tag" untuk Android khusus pemilik "smart tag".

Nantinya cara kerja deteksi "smart tag" khusus pemilik Android akan sama dengan yang dimiliki oleh Apple dengan pendeteksi AirTag.

Jika ada "smart tag" yang terpisah dari pemiliknya selama lebih 24 jam maka "smart tag" itu akan mengeluarkan suara sehingga "smart tag" tidak bisa dipisahkan dari pemiliknya lebih dari satu hari.

Diperkirakan fitur ini akan diperkenalkan dalam konferensi Google I/O di Mei mendatang.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini