Share

4 Macam Kode Eror Internet dan Cara Mengatasinya, Nomor 3 Sering Dijumpai

Tangguh Yudha, Jurnalis · Rabu 06 April 2022 10:23 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 06 54 2574070 4-macam-kode-eror-internet-dan-cara-mengatasinya-nomor-3-sering-dijumpai-wxKygKD0kD.jpg 4 macam kode eror internet dan cara mengatasinya, nomor 3 sering dijumpai (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Masalah eror saat mengunjungi halaman web pasti pernah dijumpai sebagian besar warganet. Bagi yang baru mengalaminya, mungkin mengingat ada kode yang muncul diawali dengan angka.

Dirangkum dari berbagai sumber, setiap kode eror internet itu muncul, ternyata mengandung arti masing-masing dan cara mengatasinya pun berbeda-beda.

Lantas, apa saja kode eror internet dan bagaimana mengatasinya? Berikut empat jenisnya yang kerap dijumpai:

1. 400 Bad Request Error

Biasanya kode error ini muncul karena alamat web sudah dihapus pemilik, koneksi terputus, atau salah memasukan alamat URL. Solusinya, pastikan penulisan alamat URL sudah benar, koneksi aman lalu refesh kembali laman web.

2. 403 Forbidden

Kode ini muncul karena pemilik sengaja menyembunyikan laman web, agar tidak dapat diakses orang lain secara sembarangan. Solusinya, pastikan kamu memiliki โ€œizinโ€ untuk mengakses website ini.

3. 404 Not Found

Inilah kode error yang paling sering dijumpai. Penyebabnya karena server nggak bisa menemukan laman web yang hendak kita cari. Solusinya, cek lagi alamat URL karena bisa saja terjadi kesalahan penulisan domain (.com, .co.id, atau .org). Pastikan juga koneksi internetnya sudah aman.

4. 500 Internal Server Error

Kode error yang satu ini adalah pertanda bahwa kesalahan bukan berasal dari kita, melainkan dari dalam server itu sendiri. Solusinya, sambil menunggu perbaikan, ada baiknya pengguna membersihkan cache dan cookies lalu refresh laman webnya.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini