Share

Ciri WhatsApp Disadap dan Cara Mengatasinya Supaya Bebas dari Pembajak

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Rabu 06 April 2022 14:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 06 54 2574244 ciri-whatsapp-disadap-dan-cara-mengatasinya-supaya-bebas-dari-pembajak-osxeY7WU4I.jpeg Ciri WhatsApp disadap dan cara mengatasinya supaya bebas dari pembajak (Foto: Whatsplus)

JAKARTA - Ciri WhatsApp disadap dan cara mengatasinya wajib diketahui pengguna, agar tetap waspada akan kemungkinan pembajakan akun, meskipun aplikasi ini telah memilki fitur keamanan.

Dirangkum dari berbagai sumber, oleh karena itu penting untuk mengetahui jika akun WhatsApp sendiri sebenarnya sudah disadap orang lain.

Berikut 5 ciri WhatsApp disadap yang perlu diketahui pengguna untuk meningkatkan kewaspadaan.

1. Pesan Terkirim Tanpa Disadari

Jika mengetahui pesan terkirim tanpa kita sadari, maka sudah bisa dipastikan bahwa WhatsApp sedang disadap oleh orang lain.

2. Akun WhatsApp Logout sendiri

Kalau tiba-tiba akun WhatsApp logout sendiri, maka harus waspada. Pasti ada pihak yang menyadap atau membajak akun pengguna, segera cari cara mengatasinya.

3. Pesan Terbaca Sendiri

Bila menyaksikan pesan orang lain yang masuk lalu ada tanda telah terbaca tanpa dsadari, berarti si pembajaklah yang sudah membaca pesan dari jarak jauh.

4. Ada Aplikasi Asing Terpasang

Jika tiba-tiba ada aplikasi asing terpasang di ponsel pintar, maka sebaiknya berjaga-jaga. Aplikasi asing itu bisa jadi alat sadap untuk membajak WhatsApp.

5. WhatsApp Web Mendadak Aktif

Mengingat WhatsApp Web dapat dioperasikan melalui 4 perangkat berbeda, kalau tiba-tiba aktif di perangkat yang tidak dikenal itu juga pertanda.

Cara Mengatasi Akun WhatsApp yang Disadap:

1. Masuk ke WhatsApp dengan nomor telepon yang didaftarkan dan verifikasi nomor telepon dengan memasukkan kode 6 digit yang diterima melalui SMS.

2. Setelah memasukkan kode SMS 6 digit, pembajak akun akan dikeluarkan secara otomatis.

3. Pengguna mungkin juga akan diminta untuk memasukkan kode verifikasi dua langkah.

4. Jika tidak mengetahui kode tersebut, orang yang membajak akun mungkin telah mengaktifkan verifikasi dua langkah.

5. Jadi, harus menunggu selama 7 hari sebelum dapat masuk ke akun tanpa kode verifikasi dua langkah.

6. Terlepas dari apakah pengguna mengetahui atau tidak kode verifikasi tersebut, orang yang membajak akun akan dikeluarkan setelah pengguna memasukkan kode SMS 6 digit.

Demikian pembahan tentang ciri WhatsApp disadap dan cara mengatasinya supaya bebas dari pembajak, semoga bisa membantu.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini