Share

Penumpang Sipil Pertama Sukses Mendarat di Stasiun Luar Angkasa

Tangguh Yudha, Jurnalis · Senin 11 April 2022 11:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 11 56 2576723 penumpamg-sipil-pertama-sukses-mendarat-di-stasiun-luar-angkasa-IbeuQh6pLp.jpg Penumpang sipil pertama sukses mendarat di Stasiun Luar Angkasa (Foto: Axiom Space)

JAKARTA - SpaceX dilaporkan sukses membawa penumpang sipil pertama yang mendarat di Stasiun Luar Angkasa (ISS), penerbangan ini menggunakan kapsul Dragon milik perusahaan besutan Elon Musk.

Diolah dari Engadget, Senin (11/4/2022), para awak berangkat dari Kennedy Space Center di Florida pada Jumat (8/4) pagi tanpa mengalami hambatan besar.

Disampaikan bahwa perjalanan dari Bumi ke ISS memakan waktu sekitar 20 jam.

Ada masalah yang dijumpai, saat kapsul Dragon hendak berlabuh di ISS. Perutean di video tidak berjalan lancar hingga menyebabkan kapsul harus menunggu di jarak 20 meter dari ISS selama 45 menit sebelum akhirnya masalah berhasil diatasi.

Penumpang sipil pertama yang pergi keluar luar angkasa ini, terdiri dari komandan dan mantan astronot NASA Michael López-Alegría, pengusaha Larry Connor, Eytan Stibbe, dan Mark Pathy.

Mereka semua, dikatakan bakal menghabiskan waktu selama delapan hari di ISS.

Adapun mereka akan melakukan eksperimen sains, bersama dengan kegiatan penjangkauan dan komersial. Mereka juga akan membawa beberapa sampel ilmiah yang ada di ISS ke Bumi untuk kemudian diteliti lebih lanjut oleh NASA.

Misi mengangkut penumpang sipil ke ISS dari Axiom Space (AX-1) ini, merupakan yang pertama dilakukan, ada beberapa misi serupa dari perusaahan swasta lainnya, di mana rencananya akan diluncurkan di tahun-tahun mendatang.

Keberhasilan misi AX-1, dinilai akan membangun modul komersial pertama di ISS, serta modul yang menampung arena olahraga dan studio film.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini