Share

Cara Mengisi e-HAC untuk Mudik Lebaran 2022

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Senin 11 April 2022 13:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 11 57 2576786 cara-mengisi-e-hac-untuk-mudik-lebaran-2022-zHAQiGmYkb.jpg Cara mengisi e-HAC untuk mudik Lebaran 2022 (Foto: Antara)

JAKARTA -ย Cara mengisi e-HAC untuk mudik Lebaran cukup mudah. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sendiri, telah mengumumkan bahwa pemudik yang hendak menggunakan alat transportasi pesawat wajib mengisi electronic Health Alert Card (e-HAC) di PeduliLindungi.

Syarat itu, diatur dalam Surat Edaran (SE) Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Nomor 36 Tahun 2022 tentang Petunjuk Perjalanan Dalam Negeri Dengan Transportasi Udara Pada Masa Pandemi Covid-19.

Kebijakan tersebut, mulai berlaku sejak 5 April 2022. Bagi Anda yang hendak mudik ke kampung halaman dengan pesawat terbang dihimbau agar tidak lalai mengisi e-HAC.

Lantas, bagaimana cara mengisi e-HAC untuk mudik Lebaran 2022 bagi para pemudik yang menggunakan pesawat terbang?

Dirangkum dari pemberitaan sebelumnya, adapun cara mengisi e-HAC pada aplikasi PeduliLindungi bagi pelaku perjalanan domestik moda transportasi udara, antara lain:

1. Unduh aplikasi PeduliLindungi versi terbaru

2. Buat akun baru atau log in bila telah memiliki akun PeduliLindungi

3. Klik fitur 'e-HAC', lalu pilih 'Buat e-HAC'

4. Pilih 'Domestik' untuk pelaku perjalanan dalam negeri

5. Pilih sarana perjalanan 'Udara'

6. Pilih tanggal dan isi nomor penerbangan

7. Jika nomor penerbangan tidak ditemukan, isi data penerbangan secara manual dengan memilih nama maskapai, bandara keberangkatan, dan tujuan

8. Pastikan informasi sesuai, lalu klik 'Lanjutkan'

9. Isi 'Data Personal', dapat diisi maksimal 4 orang sekaligus

10. Selanjutnya Anda dapat mengecek kelayakan terbang. Bila dinyatakan 'layak untuk terbang', pilih simpan informasi yang telah Anda isi sebelumnya

11. Setelah itu, pilih 'Konfirmasi' dan selesai

Perlu diketahui, jika pelaku perjalanan mendapatkan status 'tidak layak terbang', validasi manual dapat dilakukan dengan menunjukkan sertifikat vaksin dan hasil tes antigen atau RT-PCR di PeduliLindungi atau dokumen fisik ke petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di bandara.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini