Share

5 Proyek Penelitian Manusia yang Dinilai Lampaui Kodrat Tuhan

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Rabu 13 April 2022 04:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 12 56 2577869 5-proyek-penelitian-manusia-yang-dinilai-lampaui-kondrat-tuhan-fT51Ebc1YH.jpg 5 proyek penelitian manusia yang dinilai lampaui kodrat Tuhan (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Beragam inovasi yang menunjang kehidupan manusia telah hadir berkat kemajuan di bidang sains dan teknologi. Tetapi, dorongan untuk menemukan hal-hal baru tidak juga padam.

Ilmuwan di seluruh dunia hingga saat ini terus melakukan penelitian guna mengembangkan atau membuat sesuatu yang baru, agar bisa dimanfaatkan oleh manusia.

Bahkan, sejumlah proyek ilmiah yang punya semangat ingin melampaui batasan manusia pun dilakukan, misalnya keinginan untuk mampu bernapas di Mars, dan masih banyak lagi.

Atas dasar itu, sebagian puhak menilai ambisi-ambisi tersebut juga tampak seperti ingin melampaui kodrat Tuhan.

Dirangkum dari pemberitaan Okezone sebelumnya, berikut sejumlah proyek ilmiah yang ingin melampaui batasan manusia dan kodrat Tuhan.

1. Bernapas di Mars

NASA dilaporkan tengah mengembangkan teknologi futuristik terbaru, yakni sebuah alat yang dapat membantu manusia agar bisa bernapas di planet lain, khususnya Mars. Pengembangan alat ini, merupakan bagian dari program Innovative Advanced Concepts milik NASA.

Kemudian, sekelompok ilmuwan termasuk ahli astrobiologi Cyprien Verseux sedang mengembangkan teknik untuk memproduksi oksigen di Mars lewat cyanobacteria.

2. Cegah Penuaan

Seorang ilmuwan ternama mengklaim, perkembangan sains mungkin akan mampu mencegah proses penuaan pada manusia dalam dua dekade mendatang.

Hal itu, dikatakan oleh seorang ilmuwan terkenal yang bekerja dengan Altos Labs, yakni Juan Carlos Izpisua, seorang peneliti asal Spanyol berusia 61 tahun yang dikenal karena karyanya di bidang tersebut.

Pada Januari 2022 silam, Altos Labs mengumumkan bahwa mereka ingin memungkinkan manusia untuk hidup lebih lama dan lebih sehat. Itu adalah gol yang sepertinya banyak orang berusaha mengejarnya.

3. Menciptakan Replika Matahari di Bumi

China dan Inggris merupakan dua negara yang sedang berlomba dalam mewujudkan replika Matahari, di mana energi yang dihasilkan nanti bisa dimanfaatkan oleh manusia.

Matahari buatan ini, dibuat dengan basis teknologi reaktor fusi nuklir. Diyakini, nantinya jika replika Matahari ini telah berhasil disempurnakan, bakal menghasilkan energi baru yang tidak terbatas.

4. Hidupkan Hewan Purba

Sejumlah ilmuwan dari Harvard Medical School di Boston, Massachusetts, menggunakan sampel DNA mamut berbulu yang dikumpulkan dan menggabungkannya dengan DNA gajah dari Asia.

Sekarang, para ilmuwan sedang mencoba untuk menciptakan apa yang disebut gajah Arktik dalam upaya untuk menyelamatkan setidaknya gen mamut berbulu dari kepunahan.

5. Rahim Buatan dan Pengasuh Janin Robotik

China dikabarkan sedang mengembangkan rahim buatan dan pengasuh janin robotik bertenaga AI. Pengembangan ini, dilakukan oleh para ilmuwan dari Institut Teknik dan Teknologi Biomedis Suzhou.

Rahim buatan tersebut, diletakkan di dalam kubus khusus berisi cairan kaya nutrisi, dan pengasuh robotik bakal melakukan pemantauan ketika menjadi janin.

Menurut para ilmuwan, rahim buatan ini bisa menghilangkan masa mengandung selama periode kehamilan pada seorang Ibu, lalu diklaim dapat meningkatkan keamanan perkembangan embrio.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini