Share

Dokumen Patennya Bocor, Apple Siapkan Kontroler Game Buatan Sendiri

Antara, Jurnalis · Rabu 13 April 2022 11:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 13 326 2578198 dokumen-patennya-bocor-apple-siapkan-kontroler-game-buatan-sendiri-RnWVubE3hH.jpg Dokumen patennya bocor, Apple siapkan kontroler game buatan sendiri (Foto: Yanko Design/Hannes Geipel)

JAKARTA - Apple dilaporkan sedang menyiapkan kontroler game buatan sendiri, ini berdasarkan bocoran dokumen pengajuan paten mengenai perangkat itu.

Dilansir dari Phone Arena, Rabu (13/4/2022), paten itu diungkap pertama kali oleh Patently Apple dengan judul dokumen "Magnetically attachable gaming accessory” atau jika diterjemahkan aksesoris untuk bermain gim dengan magnet.

Paten tersebut, diajukan pada 27 Agustus 2021 silam, disebut telah disetujui oleh Kantor Paten dan Merek Dagang AS serta Kantor Paten Eropa pada 31 Maret 2022, membuka jalan resmi bagi Apple untuk berinovasi.

Perangkat itu, digambarkan sebagai aksesoris yang berfungsi membantu pengguna bisa mengoptimalkan ponsel saat bermain gim dengan metode lepas pasang yang mudah.

"Aksesori gim yang dapat meningkatkan fungsionalitas permainan gim dari perangkat elektronik, seperti ponsel, tablet, atau perangkat komputasi lainnya," tulis deskripsi Apple terhadap produk yang tengah dikembangkannya.

Aksesori gim ini, dapat menyediakan antarmuka fisik untuk mengontrol aktivitas gim pada perangkat elektronik sehingga layar perangkat elektronik setidaknya tidak terhalang selama bermain gim.

Ada beberapa desain yang disiapkan Apple untuk "game controller"-nya. Desain pertama, terlihat seperti penampakan Joy Con yang merupakan "game controller" dari konsol Nintendo Switch.

Hal yang membedakan dengan milik Apple adalah alat ini bisa digunakan dalam orientasi lanskap atau vertikal, dan bisa disesuaikan dengan layar iPhone dan iPad.

Desain kedua, Apple menyediakan "game controller" yang menyatu dengan "casing" dilengkapi layar kecil di tengah di antara tombol pengontrol.

Layar kecil itu, nampaknya akan berfungsi sebagai keyboard yang bisa digunakan oleh pemain gim untuk membalas percakapan sehingga tidak mengganggu layar utama baik itu iPhone ataupun iPad.

Pada desain ketiga, nampaknya Apple ingin membangkitkan kenangan era 90-an dengan menyiapkan desain "Joystick" dari Playstation maupun Xbox.

Belum diketahui kapan Apple akan merilis produk ini, yang jelas kehadiran paten untuk "game controller" itu menunjukkan ambisi Apple untuk terjun dengan serius memasuki industri gim.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini