Share

5 Strategi Handal Membangun Brand di Sosial Media

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 14 April 2022 11:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 14 54 2578904 5-strategi-handal-membangun-brand-di-sosial-media-sQGUf1FaPa.jpg 5 cara membangun brand di sosial media (foto: istimewa)

JAKARTA - Seiring dengan perkembangan penggunaan media sosial yang sangat pesat, keberhasilan suatu brand/usaha sangat ditentukan oleh strategi social media marketingnya. Pernah melihat kampanye online dari Nike yang bertajuk “Just Do It”? Atau video pendek Tokopedia yang viral di media sosial, dengan tagar #MulaiAjaDulu?

Faktanya, saat ini semua pelaku bisnis harus mengikuti tren media sosial dan berkomunikasi dengan target pasarnya agar bisa terus bersaing. CEO Young On Top, Billy Boen, di tahun 2017 mengatakan bahwa ada perubahan perilaku konsumen dari era konvensional kepada era digital, dimana 84% konsumen membeli barang lewat media sosial baik itu Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, dan Line.

BACA JUGA: Daftar Media dan Sosmed yang Diblokir Rusia, Salah Satunya Media Amerika 

Keahlian mengelola media sosial pun menjadi aset penting untuk dimiliki. Tidak hanya bisa membangun reputasi brand, strategi social media marketing yang tepat bisa membantu pelaku bisnis untuk meningkatkan inovasi dengan cara berbagi (sharing), berkolaborasi (collaboration) dan berkreasi bersama (co-creation).

Melihat tren tersebut, platform teknologi edukasi Zenius pun menghadirkan program kursus pelatihan strategi marketing di media sosial bagi para pelaku UMKM di seluruh Indonesia. Kursus ini tersedia di platform ZenPro, layanan pembelajaran dalam ekosistem Zenius, yang dapat diakses secara gratis dengan menggunakan Kartu Prakerja.

BACA JUGA: 5 Aplikasi Beli Tiket Mudik Lebaran 2022 

Berikut 5 skill yang bisa dipelajari di kursus social media marketing ZenPro!

1. Ilmu dasar pemasaran digital

Pertama-tama, peserta akan mempelajari soal teknologi digital dan ilmu dasar dari digital marketing. Ilmu dasar ini mencakup juga pengenalan pada berbagai tools digital yang bisa dimanfaatkan untuk bisnis, cara mengoptimalkan mesin pencarian (Search Engine Optimization/SEO), pondasi dasar untuk melakukan pemasaran berbasis konten, email, dan Whatsapp, serta pentingnya melakukan endorsement via media sosial.

2. Keterampilan berkomunikasi

Penerapan strategi social media marketing sangat bergantung pada keterampilan komunikasi dan bahasa yang baik. Untuk itu, dalam kursus gratis Program Kartu Prakerja di ZenPro, peserta juga akan mempelajari cara menjadi komunikator yang efektif dan berkualitas, pemilihan kata dan diksi yang tepat, penerapan alur berpikir, logika, serta penggunaan Bahasa Inggris yang benar.

3. Berkomunikasi efektif untuk keperluan bisnis

Tidak hanya teknik komunikasi di permukaan, peserta kursus juga akan dilatih untuk menguasai komunikasi yang efektif untuk berbagai keperluan bisnis, misalnya cara membuat materi iklan, melakukan presentasi, mengajukan penawaran kerjasama, hingga memahami teknik negosiasi bisnis. Kemampuan ini sangat penting agar transaksi usaha maupun pengembangan bisnis bisa berjalan dengan baik.

4. Beriklan dan berkomunikasi melalui Instagram dan Facebook

Selama ini, mungkin hampir semua orang telah mengakses Instagram dan Facebook dalam kesehariannya. Tapi, bagaimana cara menggunakan dua platform media sosial ini untuk mempromosikan brand/produk yang kita jual? Jawabannya bisa didapat dari kursus social media marketing ZenPro, yang akan memaparkan secara rinci dan mendetail tentang langkah-langkah membuat akun bisnis, membuat konten, caption, memilih tagar, hingga cara melakukan promosi dengan bantuan influencer ataupun iklan. Konsep ini dijelaskan secara lengkap agar siapapun bisa memahaminya, bahkan pebisnis pemula sekalipun.

5. Membangun popularitas di media sosial

Sebagai bagian dari social media marketing, sangatlah penting bagi para pelaku bisnis untuk memiliki popularitas dan branding yang kuat di media sosial. Hal ini jugalah yang dapat dipelajari di kursus ZenPro, dimana peserta bisa berlatih tentang prinsip dasar pembuatan konten yang menarik, langkah-langkah membangun branding di Instagram, Tiktok, dan Youtube, hingga cara agar bisa terus menumbuhkan basis audiens yang dijangkau.

“Kita semua memiliki pengetahuan mendasar tentang penggunaan media sosial, terutama karena kita juga mengaksesnya di kehidupan sehari-hari. Namun, ada banyak sekali fitur dan kemampuan teknis yang perlu dikuasai, jika ingin menjalankan strategi social media marketing yang optimal untuk pengembangan bisnis. Karena itu, penting bagi pelaku UMKM untuk memiliki mentor dan mempelajari bagaimana bisa tampil, berpromosi, dan beriklan dengan efektif melalui media sosial,” kata Ary Mozta, AVP Marketing Lifelong (ZenPro).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini