Share

5 Fitur Baru WhatsApp, Komunitas hingga Panggilan Suara Grup 32 Orang

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Jum'at 15 April 2022 11:56 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 15 54 2579523 5-fitur-baru-whatsapp-komunitas-hingga-panggilan-suara-grup-32-orang-9xKuE4GL5Q.jpeg 5 fitur baru WhatsApp, Komunitas hingga Panggilan Suara Grup 32 Orang (Foto: WhatsApp)

JAKARTA - WhatsApp resmi mengumumkan deretan fitur terbarunya yang akan disematkan ke dalam aplikasi, dan yang paling disorot adalah Komunitas.

"Kami sangat antusias untuk memperkenalkan visi kami akan fitur baru yang kami tambahkan di WhatsApp, yaitu Komunitas," kata WhatsApp dalam keterangan resminya, dikutip Jumat (15/4/2022).

Perusahaan mengaku, sering mendengar masukan dari pengguna agar berkomunikasi dan berkoordinasi dalam suatu komunitas. Mengingat, banyak organisasi kini mengandalkan WhatsApp untuk berkomunikasi.

"Di sinilah Komunitas WhatsApp hadir dan melakukan perannya. Komunitas di WhatsApp akan memungkinkan pengguna untuk menggabungkan grup-grup terpisah di bawah satu payung dengan struktur yang sesuai bagi mereka," kata WhatsApp.

Dengan demikian, pengguna dapat menerima informasi terbaru yang dikirim ke seluruh anggota Komunitas dan dengan mudah mengorganisasi grup-grup yang lebih kecil berdasarkan kategori yang penting bagi mereka.

Komunitas juga akan memiliki fitur baru yang sangat bermanfaat untuk admin, seperti pengumuman yang dapat dikirim ke semua anggota dan kendali atas grup mana saja yang dapat tergabung ke dalam Komunitas.

Misalnya dalam konteks sekolah, Komunitas akan mempermudah kepala sekolah untuk membagikan informasi penting kepada semua orang tua murid dan membuat grup berdasarkan kelas atau kegiatan ekstrakurikuler.

Fitur Lainnya

"Kami juga sedang membuat sejumlah peningkatan pada grup di WhatsApp, baik grup tersebut merupakan bagian dari Komunitas ataupun bukan," ujar WhatsApp.

Fitur ini, diyakini akan membantu pengguna untuk berbagi informasi dengan cara baru dan mengurangi banjir informasi dalam grup yang besar.

Peluncurannya sendiri bakal dilakukan dalam beberapa minggu mendatang agar pengguna dapat mulai mencobanya, bahkan sebelum Komunitas siap diluncurkan.

Reaksi

Reaksi emoji akan hadir di WhatsApp agar pengguna dapat menyuarakan pikiran dan perasaan mereka dengan cepat tanpa membanjiri chat dengan pesan baru.

Penghapusan Pesan oleh Admin

Admin grup akan dapat menghapus pesan yang tidak pantas atau bermasalah yang dikirim oleh anggota grup.

Berbagi File

WhatsApp akan meningkatkan fitur berbagi file agar pengguna dapat mengirim file yang berukuran hingga 2 GB sehingga mereka dapat dengan mudah berkolaborasi dalam berbagai pekerjaan.

Panggilan Suara dengan Lebih Banyak Peserta

WhatsApp akan memperkenalkan fitur panggilan suara yang dapat dilakukan hanya dengan satu ketukan dan dengan jumlah peserta hingga 32 orang. Selain itu, desain baru akan dihadirkan pada fitur ini untuk makin meningkatkan pengalaman, di saat berkomunikasi secara langsung lebih menjadi pilihan daripada chat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini