Share

4 Tips Memilih STB untuk Siaran TV Digital Agar Tak Salah Beli

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Senin 18 April 2022 04:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 17 57 2580480 4-tips-memilih-stb-untuk-siaran-tv-digital-agar-tak-salah-beli-yeU2aZHn4i.jpg 4 tips memilih STB untuk siaran TV digital agar tak salah beli (Foto: Unsplash)

JAKARTA - Tips memilih STB untuk siaran TV digital perlu diketahui agar tidak salah beli, mengingat pemerintah telah memutuskan untuk melakukan migrasi tontonan dari TV analog ke digital.

Jadi, masyarakat diminta bersiap dengan kebijakan migrasi ini, salah satunya dengan memiliki Set Top Box (STB) untuk menerima siaran TV digital.

Persiapan memiliki STB ini, dilakukan bagi masyarakat yang perangkat televisinya masih analog, sebab jika belum punya, TV tidak bisa menerima sinyal siaran digital.

Sedangkan, bagi TV yang sudah mendukung siaran TV digital tidak memerlukan lagi perangkat STB ini. Yang diperlukan hanya antena UHF seperti pada pesawat televisi analog.

STB sendiri, dipasaran memiliki nama yang bermacam-macam. Hal ini dapat membuat bingung masyarakat saat hendak mencarinya di pasaran baik offline maupun online.

Lantas, bagaimana cara mudah memilih STB yang sesuai dengan anjuran pemerintah untuk siaran TV digital? Dirangkum dari berbagai sumber, lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.

Cari yang Bersertifikat Kominfo

Perlu diketahui, STB yang dapat digunakan untuk siaran TV digital adalah STB yang sudah memiliki sertifikat dari Kominfo. Sertifikat ini sebagai upaya perlindungan pemerintah terhadap masyarakat.

Sertifikat memberikan jaminan bahwa STB bisa digunakan dan semua fitur siaran digital bisa berfungsi optimal. Berikut ini beberapa merk STB yang sudah mendapat sertifikasi dari Kominfo:

- Nexmedia (NA 1300/DVB-T2 MPEG4 HD),

- Polytron (PDV 600T2),

- Ichiko (8000HD),

- Akari (ADS-2230, ADS-168 dan ADS-210),

- Venus (Brio),

- Tanaka (T2),

- Matrix (Apple)

- Evercoss (STB1).

Cari Tanda Khusus

Menurut Direktur Penyiaran, Direktorat Jenderal PPI Kominfo, Geryantika Kurnia, ketika memilih STB selalu cari yang ada tulisan DVB-T2 atau Siap Digital di kemasan.

Bisa juga dengan memastikan di kemasan terdapat gambar maskot TV digital Indonesia “Modi” yang berwujud komodo dengan warna kuning dan biru.

Sesuaikan Kebutuhan

Di pasaran terdapat berbagai STB dengan harga yang bermacam-macam. Masyarakat bisa memilih STB sesuai kebutuhan.

Melihat Review

Bagi masyarakat yang hendak membeli STB secara online dapat melihat kelebihan dan kekurangan dari review para konsumen terlebih dahulu. Sebab, jika tidak dikhawatirkan STB yang dibeli tidak sesuai dengan keinginan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini